AS tambah empat A-29 Super Tucano untuk Angkatan Udara Afganistan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat telah menambah donasi empat unit pesawat serang darat A-29 Super Tucano kepada Angkatan Udara Afganistan. Pesawat akan digunakan untuk mendukung Misi Dukungan Tegas (Resolute Support Misssion) yang dipimpin oleh NATO.

Penyerahan empat pesawat A-29 kepada AU Afganistan (AAF) telah dilaksanakan di Kabul pada 17 September 2020.

Di AAF, saat ini A-29 merupakan pesawat serang darat dan dukungan udara dekat yang paling bertenaga dan terbang paling cepat.

Total AS telah mendonasikan 18 unit A-29 kepada AAF sejak 2016 dan berencana menambah enam unit lagi pada Februari tahun depan.

A-29 atau EMB-314 merupakan pesawat turboprop serang ringan, intai, dan tempur yang dibuat oleh pabrik Embraer dari Brasil.

Pesawat ini memiliki keunggulan dapat membawa beragam persenjataan termasuk munisi-munisi berpemandu. Biaya operasionalnya rendah dan sangat cocok digunakan untuk mendan-medan konflik intensitas rendah.

Embraer bekerja sama dengan Sierra Nevada Corporation (SNC) dari Amerika Serikat dan membangun fasilitas jalur produksi di AS untuk memperluas pasarnya.

A-29 merupakan satu-satunya pesawat serang ringan yang mendapatkan sertifikasi tipe dari USAF.

Pesawat ini telah digunakan oleh 15 angkatan udara di dunia termasuk oleh Angkatan Udara Indonesia (TNI AU).

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *