Tujuh rancangan F-35A Skadron Agresor USAF, ada Skema Hantu Su-57

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Seniman Sean Hampton, pensiunan dari Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) pemilik Sean Hampton Aviation Art, membuat tujuh rancangan kamuflase F-35A yang ditawarkan untuk Skadron Udara Agresor AS.

Hampton terinspirasi membuat rancangannya menyusul rencana USAF tahun lalu yang akan kembali mengaktifkan Skadron Agresor ke-65 (AGRS ke-65) dan menempatkan 11 F-35A Lightning II ke skadron yang berada di Pangkalan Angkatan Udara Nellis, Nevada ini.

Seperti diketahui, usulan mengaktifkan kembali AGRS ke-65 dicetuskan oleh Jenderal Mike Holmes, Komandan Komando Tempur Udara.

Holmes merekomendasikan agar USAF meningkatkan pelatihan teknik tempur udara dengan menambahkan F-35 ke skadron agresor.

Sebelum ini, hanya pesawat tempur generasi keempat yang khusus digunakan sebagai pesawat musuh. Pesawat-pesawat tersebut diibaratkan sebagai pesawat tempur Rusia dan China.

Maka dari itu, Skadron Agresor ke-65 diaktifkan lagi di Nellis AFB dengan kekuatan pesawat tempur generasi kelima.

Meski demikian, tulis The Aviationist, F-35A yang akan ditempatkan di skadron tersebut merupakan pesawat produksi awal berkemampuan non-tempur.

Dalam tujuh rancangan kamuflasenya, Sean Hampton membuat desain “Artic Splinter” seperti yang telah digunakan oleh F-16 dari AGRS ke-18.

Ada pula skema “Wraith”, “BDU Splinter”, serta skema “Hantu” yang terkenal. Skema tersebut diunggah di akun facebook-nya.

Hampton tidak mengetahui apakah rancangan-rancangannya tersebut akan digunakan oleh USAF atau tidak.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *