Tiongkok menguji-tembak rudal pembunuh kapal induk ke sasaran di LCS

DF-26Istimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tiongkok atau Republik Rakyat China telah menguji-tembak rudal pembunuh kapal induk di Laut China Selatan (LCS) yang masih disengketakan di tingkat dunia.

Disinyalir, rudal tersebut dikembangkan untuk menghadang dan bahkan menyerang pasukan Amerika Serikat apabila “berulah” di kawasan LCS. Demikian seperti dilaporkan Associated Press pada hari Kamis (27/8/2020).

Rudal DF-26B dan DF-21D telah ditembakkan pada hari Rabu. Rudal itu menghantam sasaran yang diletakkan di antara provinsi pulau selatan Hainan dan Kepulauan Paracel, tulis The South China Morning Post di Hong Kong.

Terhadap pemberitaan tersebut, Kementerian Pertahanan dan Luar Negeri Tiongkok di Beijing tidak melayani permintaan konfirmasi.

Peluncuran rudal hari Rabu dilaksanakan menyusul keluhan Tiongkok yang menyebut pesawat mata-mata U2 Dragon Lady milik Angkatan Udara Amerika Serikat telah memasuki “zona larangan terbang” yang diumumkan oleh Beijing selama latihan militer di lepas pantai utara.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *