Su-30SM2 disiapkan Rusia sebagai basis upgrade Su-30MKI India

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Rusia akan segera menerima jet tempur Su-30SM2, versi modernisasi kedua Su-30SM. Pesawat ini sekaligus akan dijadikan sebagai basis upgrade untuk Su-30MKI Angkatan Udara India.

CEO United Aircraft Corporation, Yuri Slyusar kepada media di ajang Army-2020 mengatakan, modernisasi ekstensif pada Su-30SM2 menawarkan berbagai senjata baru dan perluasan kemampuan pesawat tersebut.

Pesawat ini, kata Slyusar, akan dipasok ke Angkatan Kedirgantaraan dan Angkatan Laut Rusia.

Selain akan mendapatkan Su-30SM2, Kementerian Pertahanan Rusia dan UAC juga telah menandatangani kontrak baru pengadaan pesawat tempur pembom Su-34, Su-35, Su-30SM2, pesawat latih lanjut Yak-130, dan pesawat angkut militer Il-76MD-90A.

Sejauh ini pihak perusahaan belum mengeluarkan detail spesifikasi Su-30SM2 dan perbedaan-perbedaan signifikan dibandingkan Su-30SM.

Meski demikian, Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov pada awal Februari 2019 mengatakan kepada para wartawan, Su-30SM akan di-upgrade dengan peralatan dan persenjataan yang setara dengan Su-35.

Ia meyakini, Su-30SM2 akan mendapat pasar yang besar di India karena fitur-fiturnya dapat diaplikasikan pada Su-30MKI.

“Mengingat ada sekitar 200 pesawat semacam itu (Su-30MKI) di India, maka akan terbuka untuk memodernisasi armada ini ke standar Su-30SM2 sekaligus untuk memperpanjang masa manfaatnya,” jelas Borisov.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *