Depo Pemeliharaan 80 berhasil perbaiki APU pesawat T-50i Golden Eagle

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Salah satu keberhasilan Depo Pemeliharaan (Depohar) 80 yang berada di Lanud Iswahjudi, Madiun adalah melaksanakan perbaikan Auxiliary Power Unit (APU) pesawat tempur T-50i Golden Eagle.

Pekerjaan tersebut dilakukan oleh Satuan Pemeliharaan (Sathar) 83 yang berada di bawah naungan Depohar 80. Perbaikan APU T-50i yang dilaksanakan, khususnya adalah pada bagian Brushless Starter Generantor (BSG).

Selain keberhasilan ini, Depohar 80 telah memiliki kemampuan perawatan mesin-mesin pesawat tempur TNI AU.

Komandan Depohar 80 Kolonel Tek Iwan Agung Djumaeri, S.I.P., mengatakan hal itu saat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Depohar 80 beberapa waktu lalu.

Depohar 80 diresmikan pada 31 Juli 2019 oleh KSAU saat itu Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., bersamaan dengan peresmian Sathar 24, 43, 54, 55, Sathar 81, 82, dan 83.

Upacara peresmian ditandai dengan pembukaan selubung tunggul satuan-satuan tersebut yang kemudian diserahkan kepada para komandan satuan baru.

Roni Sontani

8 Replies to “Depo Pemeliharaan 80 berhasil perbaiki APU pesawat T-50i Golden Eagle”

  1. Sathar mana yg melakukn perawatan peluru kendali dan roket?
    Jika minat gabung dari jalur perwira karir untuk pemeliharaan rudal dan roket sarjana tehnik apa yg sangat diperlukan TNI AU
    Terimakasih

    1. Sathar 61 di Depohar 60 yang berada di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.
      Bila Anda mau bergabung melalui jalur Perwira Karier, terlebih dahulu Anda harus dari jurusan teknik dan lulus dari perguruan tinggi. Setelah itu mengikuti tahapan seleksi penerimaan perwira melalui jalur penerimaan perwira dari perguruan tinggi dan dinyatakan lulus oleh panita. Setelah itu mengikuti pendidikan yang telah ditentukan oleh TNI AU. Untuk penempatan di Sathar mana, TNI AU akan melakukan penempatan yang pas bagi para personelnya.

      1. Saat ini ada jurusan teknik material. Apakah bisa ikut seleksi jika 4 tahun lagi selesai. Karena ini jurusan baru. Tks

        1. Pada dasarnya semua jenjang S-1 bisa ikut daftar. Jurusan teknik apapun bisa ikut daftar, nanti disesuaikan penjurusannya.

  2. Bismillah ini artikel yang menarik perlu di publikasikan ke media tv agar masyarakat tau misi dan visi depohar.Jangan kriminal mulu disajikan sebagai berita di tv,tapi peran depohar perlu diulas dalam liputan awak media tv.

  3. Mau tanya . Apa ada lembaga riset dan teknologi di dalam tubuh AU? Saya merasa semakin jauh kesenjangan pengembangan teknologi yg dimiliki indonesia dengan negara maju d bidang persenjataan dan teknologi.

    1. Ada, namanya Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Udara (Dislitbangau). Silakan nanti dikunjungi bila ada pameran-pameran teknologi/pertahanan, biasanya Dislitbangau hadir. Kita harapkan setelah pandemi COVID-19 berlalu, pameran-pameran teknologi/pertahanan dapat diselenggarakan lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *