Boeing telah menuntaskan pengiriman Apache dan Chinook kepada India

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Boeing telah menuntaskan pengiriman helikopter terbaru AH-64E Apache Guardian dan CH-47F(I) Chinook pesanan Kementerian Pertahanan India untuk angkatan udara negeri itu, Indian Air Force (IAF).

Lima heli terakhir dari 22 Apache yang dipesan New Delhi, telah dikirimkan Boeing kepada IAF di Stasiun Angkatan Udara, Hindan pada Juni 2020. Sementara lima dari 15 CH-47F(I) yang dipesan telah dikirimkan sebelumnya pada Maret 2020.

Boeing dalam rilis beritanya tanggal 10 Juli mengatakan, India merupakan satu dari 17 negara yang memesan helikopter serang Apache Guardian. Heli ini merupakan varian Apache tercanggih buatan Boeing.

AH-64E didesain dan dilengkapi dengan beragam sistem komunikasi, navigasi, radar, serta persenjataan terbaru. Heli ini mampu beroperasi pada siang dan malam hari.

Sebanyak 22 satuan angkatan perang di seluruh dunia, kata Boeing, telah menggunakan atau sedang menunggu pengiriman dari pabrik Boeing. Heli dengan dua rutor utama (di bagian depan dan bagian belakang) ini telah membuktikan dirinya sebagai salah satu heli paling unggul dan paling efisien di dunia untuk heli angkut berat.

CH-47F (I) Chinook ditenagai dengan mesin modern. Avionik pada kokpit heli ini menggunakan sistem arsitektur avionik umum (CAAS) dan sistem kendali penerbangan otomatis digital (DAFCS). Inovasi teknologi ini disebut sangat membantu IAF dalam menjalankan tuntutan misi yang berkembang serta memaksimalkan interoperabilitas dan mengurangi biaya siklus hidup.

Seluruh 22 AH-64E Apache Guardian dan 15 CH-47F (I) Chinook dipesan oleh India pada September 2015.

Indian-CH-47F-Chinook
PTI

Awal tahun 2020 ini, India dan Amerika Serikat kembali menandatangani kontrak akuisisi enam heli Apache untuk Angkatan Darat India. Kontrak ditandatangani pada saat kunjungan Presiden AS Donald Trump ke New Delhi.

Perusahaan patungan Boeing di Hyderabad, yaitu Tata Boeing Aerospace Limited (TBAL), telah memproduksi struktur aero helikopter AH-64, baik untuk kebutuhan Angkatan Darat AS maupun para pelanggan internasional termasuk India.

Bagi TBAL, hal itu merupakan langkah besar menuju pengembangan bersama sistem terpadu kedirgantaraan dan pertahanan di India.

Para pemasok Boeing dari India memproduksi sistem dan komponen-komponen penting untuk heli Chinook dan Apache.

Sedikitnya terdapat 200 mitra Boeing di India yang menjadi pemasok untuk mendukung kampanye “Make in India” dan “Skill India.”

Boeing saat ini mempekerjakan 3.500 orang di India. Sementara sebanyak 7.000 orang bekerja pada mitra-mitra rantai pasokannya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *