10 tanker USAF lakukan ‘elephant walk’ di McConnell AFB

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) menunjukkan kesiapan armada pesawat tankernya dengan melaksanakan jalan berbaris atau biasa disebut elephant walk.

Hal itu dilakukan USAF di McConnell AFB, Kansas dengan melibatkan delapan pesawat Boeing KC-46A Pegasus dan dua Boeing KC-135 Stratotanker.

USAF dalam siaran beritanya mengatakan, elephant walk sejumlah armada tanker merupakan bagian dari  latihan evakuasi cuaca yang menunjukkan kemampuan mobilitas yang cepat.

Seperti diketahui, cuaca pada musim semi di Kansas cenderung tidak menentu.

“Setiap musim semi di Kansas kita mendapatkan cuaca yang cukup buruk, sehingga ini adalah upaya kita untuk mengantisipasi hal itu. Beberapa tahun yang lalu kami memiliki masalah kerusakan armada akibat hujan es, jadi kami ingin memastikan bahwa berikutnya kami aman,” kata Kapten Dustin Bordelon, personel Unit Pemeliharaan Pesawat KC-46 di McConnell AFB.

KC-46A merupakan pesawat tanker terbaru USAF yang akan mengganti peran KC-135. KC-46A terpilih menjadi pesawat tanker terbaru USAF setelah memenangi program kompetisi tanker KC-X pada 2011.

Pesawat KC-46A pertama diterima oleh USAF pada 2019. USAF telah mencanangkan pembelian 179 KC-46A hingga tahun 2027.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *