ARMY-2020 siap digelar 23-29 Agustus, deretan persenjataan Rusia menanti

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia menyatakan siap menggelar forum dan pameran teknis-militer ARMY-2020 pada 23-29 Agustus mendatang. Dalam kegiatan ini, Rosoboronexport JSC (bagian dari Rostec State Corporation), akan mempersembahkan berbagai persenjataan unggulan produk Rusia kepada seluruh mitra dan tamu yang hadir.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Forum Teknik-Militer ARMY-2020 akan dilaksanakan di Patriot Convention and Exhibition Center milik Angkatan Bersenjata Rusia di Kubinka, luar kota Moskow.

CEO Rostec Sergey Chemezov dalam jumpa pers pada Rabu, 17 Juni 2020, mengatakan, ARMY-2020 akan menjadi forum dan pameran persenjataan militer global pertama yang diselenggarakan setelah pencabutan masa pembatasan akibat pandemi COVID-19 di Rusia.

“Tahun ini, Forum ARMY akan menjadi kegiatan besar pertama untuk industri pertahanan global setelah pencabutan masa pembatasan akibat pandemi COVID-19,” ujar Chemezov.

Dikatakan pula, ARMY-2020 akan menjadi sinyal kepada pasar senjata global untuk pemulihan kembali dan memberikan dorongan pengembangan lebih lanjut kerja sama teknis-militer Rusia dengan negara-negara asing.

“Ini adalah peluang besar bagi perusahaan-perusahaan pertahanan Rusia untuk menunjukkan kesiapan mereka dalam meningkatkan pengiriman produk-produk teknologi tinggi dan memperluas jejak penyebarannya,” ujar Chemezov.

Ia menandaskan, selama beberapa tahun penyelenggaraan, Forum ARMY tidak hanya menjadi salah satu pameran Rusia yang paling representatif, tetapi juga menjadi salah satu tempat internasional yang paling otoritatif untuk membahas isu-isu kerja sama militer maupun teknik-militer.

Rosoboronexport merupakan salah satu sponsor utama dan peserta aktif dari acara ini.

Forum ARMY
ROE

Kombinasi tampilan statis dan demonstrasi yang digelar dalam Forum ARMY, lanjut Chemezov, memungkinkan para pengunjung untuk menilai kelebihan sistem-sistem persenjataan militer maupun produk sipil yang dihadirkan oleh Rusia.

Untuk mendukung acara ini, Rusia mengerahkan tiga gugus demonstrasi dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Rosoboronexport dalam keterangan tertulis yang diterim Airspace Review menjelaskan, sejumlah produk militer yang akan akan ditampilkan dalam Forum ARMY-2020 di antaranya adalah tank tempur utama T-14 dan kendaraan tempur infanteri T-15 yang berbasis Armata, Kurganets-25 IFV beroda rantai, Boomerang IFV beroda ban, sistem rudal teater Iskander, 9K515 Tornado MLRS, 2S35 Kolaitsiya-SV SPH kaliber 152 mm, 2S41 Drok SPM kaliber 82 mm, kendaraan militer multi-guna Tigr-M, Typhoon, dan kendaraan lapis baja lainnya yang menggunakan sasis Ural dan Kamaz.

Selain itu akan dipamerkan juga sistem pertahanan udara seperti S-350 Vityaz, senjata anti-drone, dan peralatan militer serta teknologi komunikasi-kontrol, maupun robotika modern.

Rosoboronexport, sebagai badan tunggal negara untuk ekspor/impor persenjataan Rusia, berpartisipasi dalam banyak pameran senjata internasional.

Pada 2019, perusahaan ini berpartisipasi dalam 8 pameran di Rusia dan 17 di luar negara. Partisipasi dalam ARMY merupakan bagian yang sangat penting untuk semua perusahaan industri pertahanan Rusia.

Forum Army
ROE

Tahun lalu, Rosoboronexport mengadakan lebih dari 50 pertemuan dan negosiasi dengan delegasi asing dari 36 negara di forum ini.

Selain delegasi dari kementerian pertahanan, pameran dan forum ini dikunjungi oleh kepala lembaga penegak hukum lainnya, kepala staf, panglima tertinggi angkatan bersenjata, dan perwakilan dari industri-industri pertahanan dari banyak negara.

Dalam setiap gelaran Forum ARMY, Rosoboronexport memfasilitasi penandatanganan sejumlah kontrak dan perjanjian dengan mitra-mitra dari dalam maupun luar negeri.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *