Tiga pilot uji N219 berpangkat letnan kolonel berasal dari TNI AU

KSAU-apresiasi-pilot-uji-N219Dispenau

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., memberikan apersiasi terhadap keberadaan tiga penerbang TNI Angkatan Udara yang saat ini mendapat penugasan sebagai pilot uji pesawat N219 di PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Ia mengatakan, keberadaan para pilot penguji pesawat dari TNI AU di PTDI merupakan aset penting dan berharga bagi TNI AU.

Untuk bisa menjadi pilot uji, ujarnya, selain dibutuhkan serangkaian pendidikan yang panjang dan tidak ringan, juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Keberadaan pilot uji di PTDI dan bahkan di TNI AU, kata KSAU, bisa dihitung dengan jari.

“Saya bangga dan mengapresiasi para pilot penguji yang sedang bertugas di PTDI. Kalian adalah aset penting TNI AU,” ujar KSAU di Mabesau, Cilangkap saat menerima tiga pilot uji TNI AU yang ditugaskan di PTDI beberapa waktu lalu.

Seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) ketiga pilot uji TNI AU yang ditempatkan di PTDI tersebut, masing-masing adalah Letkol Pnb Muhammad Sugiyanto, S.T., Letkol Pnb Ign. Widi Nugroho, S.T., MMDS, dan Letkol Pnb Ferrell Rigonald, S.T., MMOAS.

pilot Uji N219
via Dispenau

KSAU yang didampingi Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI AU (Kadisopslatau) Marsekal Pertama TNI Kusworo saat menerima ketiga pilot uji ini, meminta agar pengalaman dan pengetahuan para pilot uji ini terus dikembangkan demi kemajuan TNI AU.

TNI AU menugaskan ketiga pilot uji untuk N219 di PTDI, dalam rangka mendukung proses tercapainya sertifikasi yang sangat dibutuhkan oleh N219 agar pesawat ini bisa diproduksi secara massal nantinya.

Ketiga penerbang TNI AU berpangkat letnan kolonel ini di TNI AU pernah memimpin satuan. Letkol Pnb Muhammad Sugiyanto alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 2000 sebelumnya menjabat sebagai Komandan Skadron Pendidikan (Skadik) 104 Wing Pendidikan Terbang di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

via Dispenau

Letkol Pnb Ign. Widi Nugroho (AAU 2001) sebelumnya menjabat sebagai Komandan Skadron Taruna Tingkat 1 Wing Taruna Akademi Angkatan Udara. Ia merupakan penerbang Hawk 100/200, Su-27/30, dan T-50.

Sementara Letkol Pnb Ferrell Rigonald (AAU 2002) sebelumnya menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 14 Wing Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *