Korps Udara Irlandia datangkan PC-12 keempat

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat penumpang ringan serbaguna Pilatus PC-12NG dengan nomor registrasi HB-FXT terlihat penampakannya saat meninggalkan Bandara Stans-Buochs, ​​Swiss menuju Irlandia pada 2 April 2020.

Selain telah mengenakan lambang Korps Udara Irlandia (IAC) pesawat ini juga  bertuliskan Irish Air Corps 280.

Kemudian di bagian bawah jendela kokpit tertera slogan Pasukan Pertahanan “Memperkuat Bangsa”.

Kehadiran PC-12NG di IAC akan memperkuat pesawat angkutan VIP, penerbangan pelatihan, dan misi bantuan medis/ambulans udara.

Pesawat keempat PC-12NG ini sebenarnya merupakan pesanan sebuah perusahaan dari China yang tak disebutkan namun kemudian dibatalkan. Selanjutnya, Pilatus menawarkannya ke Irlandia. 

Gayung bersambut, IAC yang telah membeli tiga PC-12NG Spectre pada Desember 2017 ini pun tertarik untuk mengakuisisinya.

Sementara tiga pesawat PC-12NG sebelumnya, saat ini sedang berada di Denver Colorado, Amerika Serikat untuk dikonversi menjadi pesawat peran pengumpulan data intelijen, penargetan, dan tugas pengintaian (ISTAR).

Pemerintah Irlandia telah menggelontorkan dana 32 juta euro (34,5 juta dolar AS) untuk ketiganya sebagai pengganti pesawat Cessna 172. Pesawat konversi ini diharapkan akan dikirimkan ke IAC tahun ini.

Seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan Flying in Airland, kehadiran PC-12NG ISTAR ini akan memungkinkan IAC untuk beroperasi dalam kerja sama yang lebih erat dengan layanan Angkatan Darat dan Angkatan Laut Irlandia. 

Sementara PC-12 keempat selain untuk angkutan VIP membawa sembilan penumpang juga digunakan untuk misi medevac dengan dua tandu dan kru pendukung.

Selengkapnya nantikan dalam tayangan YuoToube kami.

Rangga Baswara Sawiyya

Editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *