USS Gerald R. Ford capai 1.000 kali pendaratan pesawat pakai AAG

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapal induk Amerika Serikat USS Gerald R. Ford (CVN 78) telah mencapai pelayanan 1.000 kali pendaratan pesawat sayap tetap (fixed wing) menggunakan Advanced Arresting Gear (AAG).

Pendaratan keseribu dilaksanakan oleh pesawat F/A-18E Super Hornet dari Skadron Tempur Serang (VFA) 34 “Blue Blasters” dengan pilot Letnan Scott Gallagher pada 19 Maret lalu.

US Navy dalam rilisnya mengatakan, pencapaian historis ini dimulai pada 28 Juli 2017 saat pertama kalinya pesawat sayap tetap mendarat di dek CVN 78 menggunakan teknologi AAG.

Sementara untuk lepas landas menggunakan teknologi EMALS (Electromagnetic Aircraft Launch System).

Pendaratan pesawat pertama di CVN 78 menggunakan AAG dilakukan oleh F/A-18F Super Hornet yang dipiloti oleh Mayor Jamie “Coach” Struck dari Skadron Uji dan Evaluasi (VX) 23.

CVN 78 saat ini masih menjalani masa pengujian mendapatkan sertifikasi penggunaan dek untuk penerbangan dan sertifikasi menara kontrol udara.

USS Gerald R Ford
US Navy

Status operasional USS Gerald Ford adalah Special, in service. Setelah itu kapal induk pertama kelas Gerald R. Ford ini akan dikerahkan dalam misi-misi tempurnya.

Kapal induk USS Gerald R. Ford (CVN 78) mulai dibangun pada 2009. Kapal diluncurkan pada 11 Oktober 2013 dan mulai berdinas di Angkatan Laut Amerika Serikat pada 22 Juli 2017.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *