Mi-171A2 bukukan rekor terbang tercepat di festival Baikal Mile

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Helikopter Mi-171A2 keluaran Russian Helicopters (bagian dari Rostec) berhasil membukukan rekor terbang tercepat di festival Baikal Mile, Jumat (28/2).

Heli sipil yang diterbangkan oleh pilot pabrik Ulan-Ude Aviation Plant (U-UAZ) ini mencatatkan angka kecepatan terbang tercepat yaitu 268 km/jam pada jarak 1,6 km dan ketinggian 20 meter.

Hal ini telah membuktikan bahwa Mi-171A2 memiliki performa yang sangat baik sesuai dengan ekspektasi pihak pabrikan dan para calon penggunanya.

“Partisipasi helikopter kami dalam festival dan penerbangan di atas es Danau Baikal yang membeku ini, adalah sekaligus untuk memperlihatkan potensi Mi-171A2,” ujar Direktur Pelaksana U-UAZ Leonid Belykh seperti Airspace Review kutip dari siaran berita Russian Helicopters.

Dijelaskan, rekor penerbangan dicatat setelah heli melakukan hovering kemudian melaju hingga jarak yang telah ditentukan.

Di heli ditempatkan perangkat GPS bergerak untuk menghitung hasilnya. Rekor ini dicatat oleh Russian Book of Records.

“Saya yakin, helikopter kami andal dan pilot kami terampil,” tambahnya.

Mi-171A2 merupakan salah satu produk turunan terbaru heli legendaris Mi-8. Heli ini dirancang dapat beroperasi pada suhu -50C dan +50C. Heli ditenagai dengan dua mesin VK-2500PS-03.

Russian Helicopters menyatakan, Mi-171A2 telah mendapatkan sertifikasi Kategori A yang artinya heli ini telah lolos melewati persyaratan kelaikan yang sangat ketat dari pihak regulator untuk pengoperasian helikopter sipil.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *