Kanada terima CC295 FWSAR pertama dari 16 pesanan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kanada telah menerima satu pesawat pertama C295 fixed-wing search and rescue (di Kanada diberi kode CC295 FWSAR) dari 16 unit pesanan kepada Airbus Defence and Space (Airbus DS) .

Pesawat diserahterimakan di fasilitas Airbus DS di San Pablo, Seville, Spanyol pada 20 Desember tahun lalu. Demikian seperti ditulis Airbus DS di akun twitternya.

Selanjutnya, pesawat ini masih akan digunakan oleh Kanada untuk mendukung pelatihan awaknya di Eropa hingga beberapa bulan ke depan.

Baru pada pertengahan tahun nanti pesawat akan dikirimkan ke markasnya di Comox, British Columbia, Kanada.

Seperti diberitakan FlightGlobal, Royal Canadian Air Force (RCAF) akan menggunakan CC295 sebagai pengganti pesawat lama de Havilland Canada DHC-5 Buffalo dan Lokheed Martin C-130H Hercules dalam perannya sebagai pesawat SAR.

Pesawat yang dipesan Ottawa ini dilengkapi dengan perangkat avionik buatan Collins Aerospace. Selain itu, roda pendarat bagian belakang mendapat penguatan serta adanya pintu penyelamatan di bagian atas (upper escape hatch) pesawat saat proses pendaratan di laut.

CC295 FWSAR Kanada
Airbus DS Pesawat CC295 FWSAR milik Royal Canadian Air Force.

Perangkat lain yang menyertai pesawat ini adalah radar pencarian maritim, turet sensor elektro-optik/infra merah, perangkat sistem penglihatan canggih, dua stasiun operator di pesawat, sistem identifikasi otomatis maritim, jendela gelembung berukuran besar, dan lainnya.

Pangkalan Udara Comox yang sekaligus dijadikan tempat pelatihan bari para awak CC295 FWSAR RCAF, sedikitnya akan menerima lima unit pesawat ini.

Sementara sisanya akan disebar ke beberapa pangkalan udara RCAF lainnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *