Airbus Serahkan A350 Pertama Berteknologi Kokpit Layar Sentuh Kepada China Eastern

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus telah menyerahkan pesawat badan lebar A350 XWB pertama yang menggunakan kokpit berteknologi layar sentuh kepada China Eastern Airlines (IATA: MU, ICAO: CES).

Penyerahan pesawat dilaksanakan di pabrik Airbus di Toulouse, Perancis pada Rabu (18/12/2019).

Pesawat A350 berteknologi kokpit layar sentuh ini merupakan opsi tawaran dari Airbus kepada para pelanggan yang menginginkannya. Sistem ini dibuat oleh Airbus bekerja sama dengan Thales.

Hingga saat ini tercatat ada 20 maskapai penerbangan yang telah memesan A350 XWB berteknologi kokpit layar sentuh.

A350-900 China Eastern
Airbus

Dari enam layar elektronik besar yang ada di kokpit A350 XWB, memang hanya tiga layar yang ditawarkan dapat dioperasikan dengan sistem sentuh.

Yaitu dua layar di sisi kiri dan kanan serta satu layar di bagian tengah bawah. Layar-layar elektronik ini dapat menampilkan aplikasi Electronic Flight Bag (EFB).

Sistem layar sentuh terintegrasi dengan sistem input papan ketik (keyboard) yang dapat dikeluar-masukkan di bagian depan kursi masing-masing pilot serta trackball benama keboard-cursor control unit (KCCU) yang berada di bagian tengah kokpit.

Opsi teknologi baru di kokpit pesawat A350 XWB ini telah mendapat sertifikasi dari Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA) pada November lalu.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *