Turki Akan Miliki Kapal Induk Helikopter Buatan Sendiri Tahun Depan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Turki tahun depan akan memiliki kapal induk helikopter buatan sendiri. Kapal induk dengan nama TCG Anadolu (L-408) itu akan menjadi kapal perang terbesar buatan industri dalam negeri Turki.

Kepala Kepresidenan Bidang Industri Pertahanan Turki (SSB) Ismail Demir mengatakan hal itu seperti diberitakan Defense World.

“Angkatan Laut kita tahun depan akan memiliki kapal perang domestik terbesar,” ia menerangkan.

TCG Anadolu (Anatolia), dibuat oleh konsorsium Sedef Shipyard di Istanbul dengan perusahaan kapal dari Spanyol, Navantia. Konsorsium ini telah memenangkan tender kapal jenis LPD/LHD (Landing Platform Dock/Landing Helicopter Dock) untuk AL Turki pada 2015 silam.

L-408 Anadolu
Hurriyet

L-408 memiliki ukuran yang sama dengan kapal induk amfibi multiperan buatan Spanyol SPS Juan Carlos I (L-61).

BACA  AirAsia punya A320 bercorak khusus Let’s Go To Belitung

Kapal dengan panjang 232 meter dan bobot mati 27.000 ton ini dapat menjelajah jarak hingga 9.000 mil (14.500 km) tanpa bekal ulang.

Beragam muatan dapat dibawa kapal ini. Mulai dari helikopter, pesawat (F-35B), kendaraan tempur amfibi, kendaraan angkut personel, drone, dan lainnya.

L-408
Anadolu Agency

Untuk sistem manajemen pertempuran, L-408 menggunakan GENESIS-ADVENT buatan Aselsan dan Havelsan. Sementara untuk radar pemandu pendaratan presisi digunakan SPN-720 buatan Leonardo.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *