Resmi, Boeing-Embraer Beri Nama C-390 Millenium untuk KC-390

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Boeing-Embraer Defense telah resmi memberi nama baru C-390 Millenium bagi pesawat angkut militer kelas medium terbaru yang sebelumnya berkode KC-390. Pengumuman disampaikan perusahaan patungan tersebut di ajang Dubai Airshow 2019, Uni Emirat Arab.

Penamaan baru diyakini lebih membuat fleksibel pesawat ini dalam penggunaannya oleh operator sebagai pesawat angkut untuk misi mobilitas udara.

Pesawat Embraer KC-390 (kini C-390) sendiri dirancang dapat melaksanakan berbagai misi. Mulai dari angkut kargo, pasukan, penerjun, SAR, pengisian bahan bakar di udara, evakuasi medis, dan misi-misi kemanusiaan.

Adapun kode KC-390 tetap akan digunakan untuk varian khusus tanker udara.

C-390 Millenium
Defense World

Proyek KC-390 dimulai pada 2009 atas kerja sama antara Angkatan Udara Brasil (FAB) dan Embraer.

Prototipe pesawat ini terbang perdana pada 3 Februari 15. Pesawat pertama KC-390 diterima oleh FAB di Anapolis Air Base, luar kota Brasilia pada 4 September 2019. Sebanyak 28 pesawat C-390 telah dipesan untuk FAB guna menggantikan armada C-130 Hercules.

Selain Brasil, Portugal turut memesan lima unit pesawat ini, juga untuk mengganti C-130.

Boeing pada Oktober lalu telah membentuk kemitraan dengan Embraer untuk pemasaran pesawat ini dengan menguasai 49 persen saham dari Embraer. Sementara sisanya, 51 persen tetap dipegang oleh Embraer.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *