Laris Manis, Airbus Helicopters Siap Kirimkan Pesanan-pesanan Helikopter Militer

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus mendulang kesuksesan yang besar dalam satu dekade terakhir. Airbus Helicopters misalnya, saat ini bersiap mengirimkan helikopter-helikopter militernya yang telah dipesan para operator di sejumlah negara.

Inovasi pun makin meningkat dengan dikembangkannya beragam kemampuan tambahan bagi helikopter. Termasuk kerja sama pengembangan tim heli berawak-tak berawak bersama Schiebel, Austria.

H145M merupakan varian militer dari heli bermesin ganda H145 yang diminati banyak negara. Sebanyak 15 unit heli ini telah diterima oleh Jerman sebagai operator pertama. Heli digunakan untuk mendukung misi pasukan khusus Negeri Bavaria.

Sementara itu, Serbia yang turut memesan sembilan H145M telah menerima tiga unit heli ini. Heli keempat akan dikirimkan tahun depan kepada Belgrade.

Serbian-H145M-640x445
Istimewa

Kemudian Luksemburg telah menerima satu unit yang digunakan oleh Pasukan Polisi Nasional. Unit kedua akan diterima akhir tahun ini.

Hungaria juga tidak ketinggalan. Budapest bulan depan bakal menerima satu unit pertama dari 20 unit pesanan H145M. Heli dilengkapi perangkat sistem persenjataan modular Hforce.

Selain itu masih ada Jerman yang memesan tujuh heli ini untuk digunakan oleh angkatan darat mereka sebagai heli SAR dan evakuasi medik udara. Heli pertama akan diserahkan pada tahun ini.

H145M
Airbus Helicopters

Dua dari heli ini sebenarnya telah dibuat dan ditempatkan di Augsburg untuk pelatihan para krunya. Terkhusus yang digunakan oleh militer Jerman ini, helikopternya merupakan varian sipil.

Mengutip pemberitaan Flight Global yang mengikuti kegiatan Airbus Media Briefing di fasilitas Donauworth, 4 November, heli H145M dilengkapi peralatan SAR seperti hoist, lampu pencarian Trakka, dan kamera elektro-optik/infra merah L3Harris Wescam MX-15.

Heli juga dilengkapi dengan perangkat pencari korban dengan cara melacak keberadaan nomor telepon genggam mereka.

H145M
Airbus Helicopters

Keseluruhan heli ini diproduksi Airbus Helicopters di Donauworth, Jerman bersamaan dengan produksi A135M yang berukuran lebih kecil.

Fasilitas Airbus Helocopters Donauworth saat ini memproduksi 100-110 heli per tahun dengan komposisi 60-170 H145 dan 30-40 H135.

H145M-dan-camcopter-S-100
Airbus Helicopters

Tahun depan dijadwalkan, Airbus Helicopters akan melaksanakan uji tahap kedua kombinasi tim berawak-tak berawak (MUM-T). Yakni gabungan antara H145M dengan drone Camcopter S-100 buatan Schiebel.

Uji tahap pertama telah dilaksanakan sejak tahun lalu.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *