Spirit Airlines dari Amerika Rencana Borong 100 Unit Keluarga A320neo

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Maskapai biaya rendah dari Amerika Serikat, Spirit Airlines (IATA: NK, ICAO: NKS), berencana memborong 100 unit pesawat badan sempit terbaru keluarga A320neo buatan Airbus.

Penandatanganan nota kesepahaman antara Airbus dan Spirit Airlines telah dilaksanakan dan diumumkan oleh Airbus pada 24 Oktober lalu.

Pesawat yang akan dibeli meliputi A319neo, A320neo, dan A321neo. Pembagian jumlahnya menyesuaikan dengan kebutuhan armada di masa mendatang.

Keluarga A320neo akan digunakan untuk memperkuat 76 rute penerbangan NK yang sudah berjalan maupun rute-rute baru yang akan di buka. Wilayah operasional berkisar di Amerika Serikat, Amerika Latih, dan Karibia.

A320 Spirit Airlines
Istimewa

Spirit Airlines didirikan pada 1983 dan bermarkas di South Florida, AS. Saat ini jumlah pesawat yang dimiliki sekira 138 unit dan semuanya buatan Airbus.

Bagi Airbus, adanya rencana pembelian pesawat oleh NK makin menambah pundi-pundi perusahaan. Hingga akhir September 2019, Airbus telah mengantongi 6.650 unit pesanan keluarga A320neo.

Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi sang rival Boeing yang masih berkutat dengan krisis untuk mengembalikan pesawat andalan 737 MAX agar lolos sertifikasi ulang dan kembali melayani penerbangan komersialnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *