Capt. Daniel Rumani Terpilih Jadi Ketua Umum Ikatan Pilot Alumni Curug 2019-2022

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Capt. Daniel Dewantoro Rumani alumni Penerbang Course/Angkatan 45 PLP Curug yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Umum (Kabag Adum) Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Pilot Alumni Curug (IPAC) periode 2019-2022.

Ia mengalahkan dua kandidat lainnya yaitu Capt. Rommy Adrian Senewe (Course 50, pilot Garuda) dan Capt. Paulus N.L. Sola (Course 50, pilot Lion Air).

Pemilihan Ketua Umum IPAC dilaksanakan dalam Kongres IPAC yang pertama di Gedung Serba Guna (GSG) STPI Curug, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Kongres IPAC dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc dan Ketua STPI Curug Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM.

Sebanyak 728 pilot alumni Curug dari Angkatan 1 hingga Angkatan 68 menghadiri acara tersebut.

Kongres IPAC
Rachmat Kartakusuma

Sidang kongres dipimpin oleh dewan formatur yang terdiri dari Capt. Toto Subandoro (Direktur Kualitas, Keselamatan, dan Keamanan PT Sriwijaya Air) dan Capt. Achmad Lutfie (Presiden Direktur Batik Air).

Dalam pemilihan ini, Dewan Formatur juga didampingi oleh Steering Committe yaitu Capt. Widi Armiadi dan Capt Ludwig Bayu.

Capt. Faridh Shahab selaku ketua panitia penyelenggaraan Kongres IPAC mengatakan, Kongres IPAC yang pertama ini merupakan perhelatan terbesar dalam sejarah Alumni Penerbang STPI. Acara dihadiri oleh sebagian besar pilot yang telah bekerja di maskapai baik nasional maupun internasional.

Kongres IPAC
Rachmat Kartakusuma

Setelah dilakukan perhitungan suara, Capt. Daniel D. Rumani memenangi pemilihan Ketua Umum IPAC 2019-2022 dengan mengumpulkan 64,28% suara. Capt. Daniel Rumani selanjutnya dilantik oleh Kepala BPSDMP.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPSDMP menyampaikan agar para alumni Curug ikut memberikan sumbangsih pada kemajuan dunia penerbangan Indonesia, menciptakan suasana yang hangat antar- alumni dan sekolah, serta menjadikan momen ini untuk memberikan motivasi kepada seluruh calon pilot.

Ketua STPI Kongres IPAC
Rachmat Kartakusuma

Sementara itu, Ketua STPI dalam sambutannya menyatakan, IPAC merupakan wadah para alumni Penerbang lulusan STPI yang memiliki semangat integritas sebagai insan yang prima, profesional, dan beretika. Para pilot ini merupakan insan-insan yang unggul yang dapat menjadi teladan dan kebanggaan civitas akademika STPI Curug.

Capt Novyanto Widadi juga menyampaikan, saat ini STPI telah berganti nama menjadi Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) berbentuk Badan Layanan Umum (BLU).

Kongres IPAC
STPI
Kongres IPAC
STPI

Ke depan, pengembangan wilayah untuk peningkatan kualitas dan kesejahteraan akan menjadi perhatian. Di antaranya dengan membuat Edu Aero Park di kawasan Curug.

Rachmat Kartakusuma

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *