Garda Nasional Udara Amerika Serikat Terima F-35A

AIRSPACE REVIEW – Garda Nasinonal Udara Amerika Serikat (US Air National Guard) telah menerima pengiriman dua F-35A Lightning II di Vermont Air National Guard (VT ANG), Burlington, Negara Bagian Vermont, New England, Amerika Serikat pada Kamis, 19 September.

Jet siluman F-35 diterima belakangan oleh ANG dibanding sang induk Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) maupun AL AS (US Navy) dan Korps Marinir (USMC).

Lockheed Martin menyatakan, 7 F-35A bakal diterima pada 2019 oleh Vermont ANG dari 20 unit yang akan ditempatkan di pangkalan ini. F-35A akan melengkapi keberadaan armada lawas F-16 dan F-15C/D yang digunakan VT ANG.

F-35A ANG
lockheed Martin

Dalam pemberitaannya, Lockheed Martin memaparkan sebanyak 425 F-35 berbagai varian telah dikirimkan kepada para pemesannya hingga saat ini. Lockheed Martin juga telah melatih 890 pilot dan 8.230 teknisi F-35.

Di seluruh dunia, F-35 saat ini dioperasikan dari 19 pangkalan. Delapan negara telah memiliki pesawat tempur generasi kelima ini. Tujuh di antaranya telah mencapai kesiapan operasional penuh F-35 mereka.

F-35A vermont
Free Press

Dikutip dari Burlington Free Press, 2 F-35A yang mendarat pertama di Vermont diterbangkan oleh Letkol Anthony “Scrappy” Marek dan Letkol Nathan “Wiz” Graber.

Marek merasa sangat bangga menjadi orang pertama yang membawa F-35A untuk VT ANG.

F-35A_vermont
Lockheed Martin

“Ini sangat menyenangkan. Saya sangat beruntung menjadi bagian dari sejarah ini,” ujarnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *