Ular Kematian, Rantis Ringan untuk Komando Pasukan Khusus Australia

AIRSPACE-REVIEW.com – Pada awal Juli lalu, Departemen Pertahanan Australia mengeluarkan permintaan tender pengadaan kendaraan taktis (rantis) ringan baru untuk Pasukan Khusus Angkatan Darat Australia.

Proyek pengadaan rantis ini disebut sebagai RTV (Rough Terrain Vehicle) 2. Pada gelombang pertama akan dipesan sebanyak 40 unit rantis plus 30 opsi tambahan.

Dikutip overtdefense.com, untuk persyaratannya rantis harus memiliki bobot ringan, lincah bermanuver di segala medan, tangguh, dan berfungsi multiguna.

Rantis RTV akan digunakan sebagai kendaraan dukungan tempur dan logistik di medan perang.

Kendaraan diharapkan dapat dimuati sedikitnya hingga lima personel bersenjata dan membawa beragam muatan.

Bale Defence

RTV harus bisa digeser lewat udara dengan mudah dengan cara digantung menggunakan heli S-70A-9 Black Hawk, masuk dalam perut atau digantung di luar heli CH-47F Chinook  milik AD, atau diangkut menggunakan pesawat C-27J maupun C-130J milik AU Australia.

Disebutkan, ada empat kendaraan yang akan bertarung berebut proyek RTV 2 ini. Tiga rantis yaitu GDLS Flyer 72, Polaris MRZR D4, dan Polaris Dagor berasal dari Amerika Serikat.

Sementara kontestan terakhir datang dari dalam negeri Australia. Rantis ini digarap oleh perusahaan Bale Defense dan diberi nama Death Viper (Ular Kematian) 4X4.

Bale Defence

Dibanding ketiga lawannya, Death Viper memiliki dimensi paling kompak. Kendaraan dapat dimuati dua orang di depan dan tiga orang duduk menghadap arah ke belakang.

Kendaraan mungil berangka pipa tubular ini dibekali mesin bensin kapasitas 750 cc dan menggunakan transmisi otomatis.

Death Viper dapat membawa muatan hingga 600 kg. Rantis juga bisa digunakan untuk membawa kotak munisi senapan, tangki BBM eksternal, rak munisi mortir 60 mm dan 80 mm, maupun rudal antitank FGM-148 Javelin dan Carl Gustav M3.

Bale Defence

Untuk persenjataan bela diri, selain senapan serbu bawaan prajurit, penumpang di sebelah sopir dapat mengoperasikan senapan mesin kaliber 7,62 mm yang ditanam di atas dudukan yang dapat berputar.

Bale Defence (bagian dari Bale Engineering), merupakan perusahaan milik keluarga yang didirikan pada 1979 di Port Macquarie, NSW, Australia.

Sebelum membuat rantis, Bale Defence lebih dikenal sebagai pemasok perlengkapan untuk pasukan khusus untuk Militer Australia dan Selandia Baru.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *