STPI Curug Didik Peserta dari Departemen Penerbangan Sipil Brunei

ANGKASAREVIEW.COM – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug mendidik 12 siswa peserta dari Departemen Penerbangan Sipil (Department of Civil Aviation – DCA) Brunei Darussalam. Diklat kerja sama internasional ini dilaksanakan oleh STPI – DCA guna meningkatkan kompetensi para personel DCA Brunei.

Diklat yang tengah berlangsung saat ini meliputi:

  1. ATC Primary. Diikuti oleh lima orang peserta dengan lama diklat delapam minggu. Selama lima minggu diklat dilaksanakan di Brunei dan tiga minggu dilaksanakan di Indonesia.
  2. Aviation Search and Rescue (SAR). Diikuti oleh lima empat orang peserta. Lama diklat tujuh minggu. Empat minggu dilaksanakan di Brunei dan tiga minggu dilaksanaka di Indonesia.
  3. Basic Aeronautical Information Service. Diikuti oleh tiga orang peserta dengan lama diklat 18 hari. Pendidikan dilaksanakan di Brunei dan Indonesia.

Sekretaris Jurusan Keselamatan Penerbangan STPI Curug Dedy Fachrudin kepada Angkasa Review menyatakan, kegiatan diklat telah dimulai dan akan selesai pada 16 November mendatang.

“DCA Brunei mengirimkan siswanya ke STPI Curug untuk peningkatan kompetensi. Mereka adalah para pegawai di DCA. Tenaga pengajar dari STPI, kegiatan dilaksanakan di Brunei dan Indonesia,” ujar Dedy.

Diklat STPISTPI

Sebelumnya, pada 8 Agustus 2018 lalu, Direktur Penerbangan Sipil DCA Brunei Darussalam Mr. Mohd Nazri bin Md Yusof mengunjungi STPI Curug, Tangerang, Banten.

Kedatangannya disambut langsung oleh Ketua STPI Curug Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM didampingi Kepala Divisi Pengembangan Usaha dan Kerjasama STPI Ir. Ahmad Kosasih, S.SiT, M.T.

Kunjungan dilaksanakan dalam rangka penjajakan kerja sama pelatihan untuk personel penerbangan Brunei Darussalam di STPI Curug.

Diklat STPISTPI

Sementara itu, pada Senin (30/10/2018), STPI kembali akan membuka kerja sama Diklat Penerbangan dengan Airnav Indonesia. Pembukaan diklat dipimpin oleh Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM.

Diklat meliputi:

  1. Human Factor. Diikuti oleh 20 peserta dari Airnav Indonesia. Dilaksanakan di STPI pada 29 Oktober hingga 2 November 2018.
  2. AIS/MAP Database Refresher. Diikuti oleh 10 peserta dari Airnav Indonesia. Diklat dilaksanakan di STPI pada 29 Oktober hingga 9 November 2018.
  3. NOTAM Refresher. Diikuti 20 peserta dari Airnav Indonesia. Diklat dilaksanakan di STPI pada 29 Oktober hingga 9 November 2018.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *