12 C-130 dan 5 CN295 Disiapkan TNI AU untuk Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Maluku

ANGKASAREVIEW.COM – TNI Angkatan Udara menyiapkan 12 C-130 Hercules dan 5 CN295 guna mendukung pelaksanaan operasi militer selain perang (OMSP) terkait bencana kelaparan yang melanda masyarakat Suku Mausu Ane di Pegunungan Markulle, Pulau Seram, Maluku Tengah.

Kepala Staf Angktan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna menyatakan, satu pesawat C-130 telah diberangkatkan membawa logistik seperti bahan makanan, pakaian, tenda, kebutuhan anak-anak, obat-obatan, alat komunikasi, serta tenaga medis dan komunikasi pada Sabtu (28/7) kemarin.

Keberangkatan satu pesawat Hercules nomor registrasi A-1312 dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta itu tergabung dalam Satgas Penguatan Bantuan Kemanusiaan untuk masyarakat Suku Mausu Ane.

“Jika dibutuhkan seluruh pesawat angkut sudah kita siapkan untuk membantu saudara-saudara kita di Maluku ini. Kita ada 12 C-130 dan 5 CN295 yang sudah kita siapkan untuk mendukung kegiatan apapun termasuk untuk bantuan sosial di bawah koordinator Kementerian Sosial ini,” ujar KSAU di Yogyakarta, Minggu.

Diberangkatkannya satu pesawat Hercules kemarin, lanjut KSAU, adalah untuk untuk mendukung Posko Satgas yang telah berdiri di Pegunungan Markulle. Di lokasi tersebut telah berdiri kamp penampungan sementara di Dusun Siahari dan Desa Morokay, Kecamatan Seram Utara Timur, Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Untuk diketahui, bencana kelaparan yang menyerang ratusan warga suku Mausu Ane terjadi sejak dua pekan terakhir akibat gagal panen lantaran tanaman pertanian diserang hama tikus dan dirusak oleh babi hutan. Dalam kejadian ini tiga orang warga dilaporkan meninggal dunia.

(ERY/RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *