Pria Ini Beli Tank Eks Kerajaan Inggris Hanya untuk Berkeliling Rumah

ANGKASAREVIEW.COM – Nova Scotia, seorang pria asal Inggris menjual sebuah kendaraan tempur (ranpur) Alvis FV102 Striker yang pernah bertugas di Angkatan Darat Kerajaan Inggris. Kendaraan yang mencatat banyak sejarah itu ia jual 36 ribu dolar AS.

Alvis FV102 pernah berperan sebagai pembawa peluru kendali anti-tank selama hampir dua puluh tahun, dari 1977 hingga 1996 sebelum akhirnya dipensiunkan.

Striker adalah bagian dari pasukan lapis baja kelas berat Inggris yang menyediakan senjata anti-tank jarak jauh. Tiap unit mampu membawa lima rudal anti-tank Swingfire dalam posisi siap menembak dengan jangkauan hingga 4.000 meter.

Ranpur ini dilengkapi dengan sistem penglihatan yang dioperasikan dari jarak jauh yang memungkinkan kendaraan untuk bersembunyi di balik perlindungan saat menyerang musuh. Striker yang dijual ini menurut catatan telah berjalan sejauh 69.000 mil.

Saat ini kendaraan tersebut telah berpindah tangan. Orang yang membelinya bernama Steven Philpitt.

“Secara teknis, kendaraan sembilan ton tidak benar-benar ramah keluarga, dengan tempat duduk hanya untuk tiga orang — pengemudi, komandan, dan operator rudal. Tapi saya senang memiliki ini,” selorohnya.

Sebelum dijual, kendaraan tempur ini telah didemiliterisasi dan dilucuti semua senjatanya. Striker dilengkapi dengan misil latihan Swingfire yang tampak nyata tetapi memiliki tanda biru di ujungnya untuk menunjukkan ketidakmampuan mereka untuk meledakkan tank sampai hancur berkeping-keping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *