Triton G810, Kapal Lapis Baja Pemburu Bajak Laut

ANGKASAREVIEW.COM – Dikenal sebagai salah satu penghasil kendaraan lapis baja besar di dunia, Streit Group perusahaan berbasis di Kanada, kali ini menawarkan produk barunya berupa kapal lapis baja Triton G810. Kapal ini dipamerkan pada pameran pertahanan Eurosatory 2018 di Paris, Perancis beberapa waktu lalu.

Triton G810 merupakan produk pertama divisi Streit Marine yang baru dibentuk. Kapal ditawarkan dalam dua versi, pertama sebagai wahana patroli laut dan kedua sebagai versi lapis baja taktis pemburu bajak laut. Kedua kapal dirancang dapat bereaksi cepat dan beroperasi dalam durasi lama.

Kapal berdimensi panjang  8,1 m, beam 2,32 m, dan draft 0,85 m ini diawaki oleh 8-10 ABK. Sebagai tenaga penggerak kapal berbobot kosong 3,7 ton ini tersedia dua mesin tempel pilihan berdaya 2 x 250 hp atau 2 x 350 hp. Kapasitas bahan bakar bawaannya mencapai 350 liter.

BACA  Tidak hanya Super Tucano, USAF juga membeli 2 AT-6 Wolverine

Lambung kapal terbuat dari material baru yang dikenal sebagai HDPE (High Density Polyethylene). Bahan yang ringan tapi kuat dan tahan lama ini menjadikan kapal aman, lincah bermanuver, dan memiliki stabilitas yang prima sekalipun beroperasi dalam kondisi cuaca yang buruk.

Versi Triton lapis baja, kabinnya tahan terhadap peluru kaliber ringan hingga 7,62 mm. Di bawah jendela kaca antipelurunya tersedia enam lubang tembak dari dalam kabin. Tersedia dua dudukan buat senapan mesin kaliber 12,7 mm. Satu ditempatkan di atap palka dan sebuah lagi di bagian depan kapal.

IHS Jane's

Fitur tambahan opsional yang ditawarkan pada Triton adalah kamera FLIR dan perangkat perekam gambar video, sistem komunikasi satelit, serta pemasangan tangga taktis guna penyerbuaan ke atas kapal yang sedang dibajak.

BACA  Korea Tampilkan Dua Drone Helikopter di Seoul ADEX 2019

Tentang Streit Group, perusahaan ini didirikan di Kanada oleh Guerman Goutorov pada 1992. Perusahaan ini lebih dikenal sebagi penghasil kendaraan khusus lapis baja untuk militer, satuan keamanan, dan keperluan sipil (pribadi).

Streit Group memiliki 12 fasilitas pabrik produksi. Dua di antaranya berada di Kanada dan di Uni Emirat Arab.

RANGGA BASWARA SAWIYYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *