Gunakan A350-900, Qatar Airways Buka Penerbangan Doha – Cardiff

ANGKASAREVIEW.COM – Qatar Airways membuka penerbangan langsung Doha (Qatar) – Cardiff (Wales) menggunakan pesawat terbaru A350-900. Penerbangan perdana rute jarak jauh itu dilaksanakan pada Selasa (1/5).

Turut serta dalam pesawat A350 yang terbang dari Bandara Internasional Hamad adalah HE Akbar Al Baker (Group Chief Executive of Qatar Airways), Roger Lewis (Chairman of Cardiff Airport), Carwyn Jones (The First Minister of Wales), Alun Cairns (Secretary of State for Wales), dan Ajay Sharma GCO (HM Ambassador to the State of Qatar).

Menyambut kedatangan pesawat, pihak Bandara Cardiff melaksanakan tradisi siram air (water salute) terhadap A350-900 serta penyambutan khusus terhadap para tamu yang turun dari tangga pesawat.

Bagi Wales, kehadiran A350-900 memberikan arti tersendiri karena sayap pesawat itu dibuat Airbus di  Wales.

Penerbangan Qatar Airways yang menghubungkan Doha dengan ibu kota Wales disambut gembira karena makin mendekatkan Cardiff dengan kota-kota besar potensial pasar dunia di Australia, Selandia Baru, Asia, dan Afrika yang sudah terhubung dengan Bandara Hamad.

UKGovWales

Pihak Qatar mengatakan, penerbangan reguler Doha – Cardiff berikutnya akan dilayani menggunakan Boeing 787 Dreamliner yang berkapasitas 254 penumpang dengan konfigurasi 22 kursi Kelas Bisnis dan 232 Kelas Ekonomi.

Penerbangan dilayani dengan nomor penerbangan QR321 dan QR 323 (DOH-CWL) dan kembali ke Qatar dengan nomor penerbangan QR322 dan QR 324 (CWL-DOH).

RONI SONTANI