Siapa Pemegang Rekor Penerbangan Komersial Terpendek di dunia?

ANGKASAREVIEW.COM – Jika penerbangan terpanjang di dunia akan dipecahkan oleh Singapore Airlines dengan lama penerbangan 20 jam, siapa pemegang rekor penerbangan komersial terpendek di dunia?

Penerbangan komersial terpendek di dunia saat ini hanya memakan waktu selama 57 detik. Untuk menikmati pengalaman super singkat ini, penumpang harus membayar tiket sekitar 36 dolar AS untuk sekali terbang.

Harga itu adalah tarif khusus yang dikenakan untuk penduduk lokal. Para guru, dokter, polisi, dan bankir lokal merupakan pelanggan tetap mereka. Sedangkan untuk pelancong dikenakan tarif sekitar 86 dolar AS.

Pemegang rekor penerbangan terpendek itu adalah Loganair, salah satu maskapai besar dari Inggris. Rute dari maskapai ini hanya sejauh 2,7 kilometer antara dua pulau, Westray dan Papa Westray. Keduanya berada di dekat daratan Orkney, sebuah kepulauan di Utara Skotlandia.

Penerbangan rute ini dilayani oleh dua unit pesawat Britten-Norman Islanders. Pesawat tersebut berisi delapan tempat duduk dalam setiap penerbangannya.

“Waktu tercepat dalam catatan adalah 57 detik di udara ‘jika arus angin yang menguntungkan’,” kata pihak perusahaan .
Rute ini hampir sama panjangnya dengan landasan di Bandara Edinburgh dan hanya membakar sekitar 10 kg bahan bakar.

“Boeing 747 dapat menggunakan 1,5 ton bahan bakar hanya untuk berjalan ke landas pacu sebelum lepas landas. Maka itu, penerbangan terpendek ini membuatnya menjadi perjalanan yang cukup hijau,” kata maskapai itu kepada Business Insider.

Loganair sebenarnya bukan pemain baru di rute ini. Mereka telah menjalankan rute super pendek itu sejak 1967.

Rute Westray dan Papa Westray ini menjadi bagian dari Orkney Inter-Isles Air Service yang menghubungkan daratan Orkney dengan enam pulau terluar, antara lain Eday, Ronaldsay Utara, Papa Westray, Sanday, Stronsay, dan Westray.

“Layanan Orkney Inter-Isles adalah permata di jaringan kami dan terkenal di seluruh dunia. Layanan itu juga merupakan layanan yang amat penting bagi masyarakat di sekitaran Orkney, menghubungkan pulau-pulau individu melalui tautan udara yang nyaman,” ujar Direktur pelaksana Loganair Jonathan Hinkles.

Loganair merupakan perusahaan penerbangan swasta yang didirikan pada tahun 1962 dan memiliki 30 pesawat dalam armadanya. Saat ini Loganair beroperasi di terminal baru Bandara Sanday, Skotlandia sejak tahun 2017. Tiap tahunnya Loganair mampu membawa hampir 700.000 penumpang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *