An-32 Bomber, Pesawat Angkut yang Dimodifikasi oleh Irak Jadi Pembom

ANGKASAREVIEW.COM – Baru-baru ini akun resmi Angkatan Udara Iraq merilis sebuah infografis mengenai data statistik pesawat-pesawat mereka yang digunakan untuk memerangi militan ISIS yang bercokol sejak tahun 2014 di negara seribu satu malam tersebut.

Yang cukup mengejutkan dari infografis tersebut adalah penggunaan pesawat angkut militer medium ringan Antonov An-32B yang diubah/dimodifikasi menjadi pesawat pembom. Lebih fantastisnya lagi dalam perang selama tiga setengah tahun tersebut, An-32B melakukakan serangan 990 sorti atau hampir dua kali lipat dari F-16Q Viper yang hanya 514 sorti.

Iraqi Air Force

Sebenarnya AU Iraq tak kekurangan jet tempur untuk melawan ISIS. Selama kampanye militer yang berlangsung dari bulan Juni 2014 hingga Desember 2017 tersebut, pesawat CAS Su-25 Frogfoot menjalankan misi serangan sebanyak 3.562 kali disusul F-16IQ Viper sebanyak 514 kali, dan L-159 ALCA sebanyak 398 putaran.

BACA  Menanti Il-112V, Pesawat Angkut Medium Ringan Penantang C-295 dan C-27J

Tak diketahui mengapa AU Iraq sampai harus mengubah pesawat angkutnya menjadi pembom. Tak disebutkan pula berapa unit An-32B yang dikonversi. Seperti diketahui Iraq memiliki enam unit pesawat angkut yang dijuluki NATO sebagai Cline tersebut sejak November 2012. Pesawat tersebut dibeli dari Ukraina.

Iraqimilitary

Tak dijelaskan pula keefektifannya tatkala berperan menjadi pesawat pembom, apalagi bom yang digunakan bukan jenis bom pintar (berpemandu). Setiap pylon yang menempel di badan An-32B bisa membawa dua bom dan di dalam perutnya sebanyak empat bom masing-masing 500 pon.

Ditengarai, bom yang dijatuhkan menggunakan alat bantu bidik (bombsight) NKPB-7 buatan era Uni Soviet. Alat tersebut dioperasikan oleh seorang operator yang berada di jendela oservasi berkaca gelembung di belakang kokpit. Sistem ini lazim digunakan pada pembom selama Perang Dunia II.

BACA  Leonardo Andalkan Heli Latih TH-119 IFR untuk Angkatan Laut AS
Iraqimilitary

Sejatinya An-32B Iraq bukanlah pesawat angkut pertama yang diubah menjadi pembom. AU India telah menggunakan pesawat An-32 miliknya sebagai pembom dalam latihan perang Iron Fist pada Februari 2013 silam. Sebanyak enam bom digelindingkan keluar dari pintu rampa ke sasaran darat di Pokhran Test Range yang berlokasi di gurun Thar Rajasthan.

RANGGA BASWARA SAWIYYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *