HMS Albion Bersandar di Tanjung Priok

Wikimedia

ANGKASAREVIEW.COM – Her Majesty Ships (HMS) Albion (L14), salah satu kapal perang mili Angkatan Laut Kerajaan Inggris merapat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Minggu (22/4/2018). Menurut Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, kehadiran kapal ini bertujuan untuk menegaskan kerja ama militer antar dua negara itu.

Ia mengatakan, Indonesia dan Inggris telah menandatangani Nota Kesepahaman Maritim dalam bidang keamanan dan kerja sama militer sejak tahun 2015 lalu. Dari situ, kedua negara terus membangun kolaborasi sipil dan non-sipil.

“Hubungan pertahanan dengan Indonesia terus berkembang. Kedatangan HMS Albion ke Indonesia membuka kesempatan untuk mendukung mitra-mitra kami dalam menghadirkan keamanan maritim,” ujar Moazzam Malik.

“Pengerahan HMS Albion ke Jakarta adalah indikator komitmen kerja sama Inggris dengan Indonesia. Kawasan ini adalah wilayah yang penting sehingga ada banyak yang bisa dilakukan antara kedua negara,” tambahnya.

HMS Albion termasuk kapal perang baru di jajaran AL Kerajaan Inggris. Ia dibuat oleh BAE System dan baru diluncurkan tahun 2001 lalu di Barrow-inn Furness, Albion.

Tim Neild, Komandan HMS Albion mengklaim jika kapalnya mampu melakukan beragam misi, mulai dari pengerahan pasukan Marinir, menjadi kapal markas, hingga melakukan operasi kemanusiaan.

“HMS Albion sebenarnya mempunyai dua fungsi utama, sebagai kapal commanding control platform  dan fungsi militer dengan peralatan canggih untuk meluncurkan operasi di lautan,” kata Neild.

Pada kunjungannya kali ini, HMS Albion membawa serta 500 awak kapal yang terbagi atas 300 pelaut dan 200 personel dari Korps Marinir. Sebagian besar dari personel tersebut bekerja untuk operasional kapal dan mesin. Sementara lainnya bertugas untuk menjalankan peralatan militer.

Para kru kapal dijadwalkan melakukan diskusi bilateral tentang kemaritiman dengan TNI AL dan industri pertahanan. Selain itu mereka juga akan terlibat pada beberapa kegiatan sosial. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *