Mitsubishi Siapkan MRJ Terbang di Farnborough Airshow 2018

ANGKASAREVIEW.COM – Mitsubishi Aircraft Corporation (MAC) menyiapkan jet komersial pertama mereka, MRJ (Mitsubishi Regional Jet), untuk tampil di pameran kedirgantaraan dunia, Farnborough Airshow pada 16-22 Juli mendatang.

Tidak hanya tampil statik, jet berkapasitas 70-90 penumpang ini direncanakan tampil mengudara mengisi jadwal flying display.

“Mitsubishi Aircraft akan membawa MRJ ke Farnborough Airshow 2018 pada bulan Juli untuk tampilan statis dan melaksanakan pertunjukan terbang,” kata Presiden MAC, Hisakazu Mizutani sebagaimana ditulis FlightGlobal.

Bila hal tersebut terlaksana, maka momen itu sekaligus akan menjadi penampilan terbang pertama MRJ di depan publik.

Sebelumnya, MRJ telah hadir pada Pameran Udara Paris 2017 lalu. MAC kala itu menghadirkan pesawat uji terbang ketiga (FTA-3) secara statik dari empat prototipe yang dibuat. MRJ mengenakan corak maskapai All-Nippon Airways (ANA) menandai launch customer pesawat ini.

Untuk kehadiran di Farnborough tahun ini, MAC belum menjelaskan berapa pesawat yang akan dibawa ke tanah Inggris tersebut.

Pihak pabrikan hanya menjelaskan bahwa saat ini jumlah akumulasi uji sertifikasi MRJ telah mencapai 1.900 jam terbang.

Wikipedia

MRJ lahir dari program Pemerintah Jepang yang digulirkan tahun 2005 atas keinginan Negeri Matahari Terbit membuat sendiri jet komersial berkapasitas hingga 90 penumpang.

Program ini kemudian diperkenalkan kepada publik pada tahun 2007 dalam penyelenggaraan Paris Air Show.

Delapan tahun kemudian, 11 November 2015, prototipe MRJ berhasil melaksanakan penerbangan perdana. Pesawat yang diproduksi oleh Mitsubishi Heavy Industries di Nagoya, Jepang dan diuji di Moses Lake, Washington, AS ini dijadwalkan akan diserahterimakan kepada pengguna pertamanya pertengahan tahun 2020 atau lima tahun setelah penerbangan perdananya. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *