Airbus dan Zodiac Ciptakan Kamar Tidur dan Tempat Bermain Anak di Dek Bawah Pesawat

ANGKASAREVIEW.COM – Airbus dan Zodiac Aerospace bekerja sama mengembangkan modul untuk tempat tidur penumpang dan tempat bermain anak di pesawat. Modul berbentuk kompartemen ini akan dipasang di dek bawah pesawat, tempat yang biasanya digunakan untuk bagasi.

Modul tersebut dirancang mudah dipasang sehingga tidak perlu mengubah desain tempat kargo pesawat yang sudah ada. Bahkan penggunaannya bisa ditukar-pasang dengan modul tempat kargo sesuai kebutuhan.

Christophe Bernardini, Chief Executive Officer of Zodiac Aerospace Cabin Branch mengatakan, produk inovatif ini ditawarkan sebagai bentuk lain layanan kepada penumpang dan solusi penggunaan tempat di dek bawah pesawat.

Sementara Geoff Pinner, Head of Airbus Cabin & Cargo mengatakan, ide pendekatan layanan terhadap penumpang semacam ini merupakan suatu langkah kemajuan dalam meningkatkan kenyamanan dalam penerbangan khususnya penerbangan jarak jauh.

BACA  FAA, EASA dan ANAC Sertifikasi JetWave TM Honeywell di Embraer Lineage 1000E
Airbus

Ditambahkan, beberapa maskapai telah memberikan respons terhadap mock-up pertama secara positif.

Mock-up berukuran kecil dari modul ini ditampilkan Airbus pada penyelengaraan ajang tahunan Aircraft Interiors Expo (AIX) 2018 di Hamburg, Jerman pekan ini. Sementara mock-up berukuran besar dapat dilihat di fasilitas Airbus di Toulouse, Perancis.

Airbus

Rencana awal, modul tempat tidur dan tempat main anak akan diterapkan pada pesawat seri A330 mulai tahun 2020, baik sebagai proyek retrofit atau pesanan pada pesawat baru. Airbus juga membuka peluang untuk menerapkan konsep ini pada pesawat A350 XWB.

Sejumlah tanggapan muncul terhadap rancangan ini. Salah satu di antaranya menanyakan, apakah modul ini aman? RONI SONTANI

BACA  Ini Dia Otokar Tulpar 105 LT, Pesaing Tank Kaplan MT Buatan FNSS/Pindad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *