Panah Merah 10, Rudal Antitank China Muncul di Iraq

HJ-10AChina Military

ANGKASAREVIEW.COM – Rudal antitank berpemandu (ATGM) HJ-10A buatan China North Industries Corp (NORINCO) muncul di ajang Eksibisi Pertahanan Internasional (International Defense Exhibition (IQDEX-2018) di Bagdad, Irak pada 10-13 Maret lalu.

Rudal yang juga biasa disebut Red Arrow-10A atau Panah Merah (Hong Jian – HJ) 10 ini sebelumnya telah dipamerkan dalam penyelenggaraan Zhuhai Air Show 2016.

Berbeda dengan sistem yang diperlihatkan di Zhuhai, kali ini Panah Merah muncul dalam varian ekspor yang diusung kendaraan 8×8. Kendaraan beroda ban ini sekilas tampak kurang gahar dibanding versi roda rantai. Namun, pihak pabrikan menyatakan bahwa biaya perawatan ranpur roda ban lebih murah dibanding ranpur roda rantai.

China Military
Rudal darat ke darat HJ-10A dengan pemandu kawat fiber-optik mampu menghancurkan sasaran hingga jarak 10 km. Kemampuan menembus lapis bajanya merupakan yang terbaik di keluarga Panah Merah yang mulai digunakan Angkatan Bersenjata China sejak tahun 1990-an.

Pemandu lain yang juga digunakan pada HJ-10 adalah semi-active laser homing dan milimeter wave radar seeker untuk varian udara ke darat (AKD-10).

(RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *