Si Cantik Termungil B737 MAX 7 Terbang Perdana

Boeing 737 MAX 7Reuters

ANGKASAREVIEW.COM – Pesawat termungil keluarga Boeing MAX yakni B7373 MAX 7 telah mengudara untuk pertama kali pada Jumat (16/3/2018). Pesawat lepas landas dari Bandara Renton Municipal dan melaksanakan misi penerbangan selama tiga jam lima menit di atas Washington. Pesawat melaju pada kecepatan 250 knot di ketinggian 25.000 kaki.

“Kita mendapatkan keuntungan dengan menerbangkan pesawat yang sangat cantik hari ini,” kata pilot uji Boeing, Jim Webb, kepada para wartawan. “Ini adalah masa permulaan yang sangat bagus untuk menguji seluruh sistem pesawat ini,” imbuhnya.

Ditambahkan, pesawat sempat diajak terbang rendah mendekati Danau Moses dan semua sistem bekerja dengan baik sebagaimana tertulis di buku pabrik.

“Saya kira, pesawat ini akan makin melengkapi keluarga Boeing MAX,” pungkasya.

Boeing

Tercatat, Southwest Airlines, WestJet, Ruili Airlines (China), Jet Lines (Kanada), dan Air lease Corporation telah memesan pesawat ini.

Direktur Pemasaran Regional Boeing, Jeff Harber, menyatakan, ada sekira 2.500 unit pesawat di kelas ini yang butuh pengganti di masa mendatang dengan pasar terbesar di Asia dan Amerika Latin. Namun, ia tidak menyebutkan secara rinci, berapa unit B737 MAX 7 telah dipesan.

Dibandingkan seri lain di keluarga MAX (8, 9, 10), MAX 7 merupakan versi termungil dengan panjang 36 meter dan kapasitas penumpang 138 orang. Meski demikian, pesawat turunan B737-700 ini justru mampu menjangkau jarak terjauh dibandingkan seri MAX lainnya, yakni 3.850 mil laut. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *