Maskapai Mana Saja yang Punya ‘First Class’ Terbaik?

ANGKASAREVIEW.COM – Persaingan bisnis penerbangan kian hari kian sengit. Maskapai tidak cuma dipaksa untuk memberikan layanan yang terbaik, tapi juga terunik, dan paling mengesankan para penumpangnya.

Untuk memacu layanan ini, Skytrax, perusahaan pemeringkat penerbangan asal Inggris merilis maskapai-maskapai terbaik di dunia setiap tahunnya. Salah satu kategori yang paling dinanti pemenangnya adalah maskapai dengan layanan First Class alias kelas utama terbaik.

Dilansir oleh Business Insider, inilah 10 maskapai di dunia yang memiliki layanan kelas utama terbaik di tahun 2017.

Baca juga:
Jadi Rahasia Sukses, Emirates Tambah Lagi 36 A380
Uniknya Dunia Penerbangan Zaman Dahulu

10. Qantas

Maskapai asal negeri kangguru Australia ini hanya terpaut satu peringkat di atas Garuda Indonesia. Qantas dinilai memiliki banyak perubahan dalam fasilitas di kelas utamanya pada tahun lalu. Salah satu yang menjadi andalan adalah hadirnya layar 17 inchi yang menemani perjalanan penumpang First Class.

9. Japan Airlines

Sempat terdepak dari 10 besar lantaran terjadi krisis internal beberapa tahun lalu, flag carrier Jepang ini kembali ke 10 besar lantaran hadirnya desain interior di kelas utama yang berkonsep minimalis dengan nuansa khas Jepang yang apik. Penumpang First Class juga disuguhi hiburan dengan layar superbesar 23 inchi.

8. Qatar Airways

Setahun sebelumnya maskapai ini menjadi yang terbaik di kategori yang sama. Namun sayang, karena tak banyak inovasi, tahun 2017 Qatar Airways malah melorot ke posisi 8. Hiburan yang mencapai 4.000 saluran masih menjadi daya tarik utamanya.

7. Cathay Pacific

Kekuatan utama maskapai ini ada pada peredam kebisingan yang optimal sehingga penumpang kelas utama Cathay Pacific serasa berada di kamar hotel.

6. ANA

Saingan terberat Japan Airlines ini memang hampir selalu masuk 10 besar Skytrax, terutama di kategori First Class terbaik. Wajar saja, sebab ANA menjamin para penumpang mewahnya tidak akan merasakan kebisingan pesawat. Privasi mereka pun terjamin dengan adanya bilik penyekat antarbangku.

5. Singapore Airlines

Sama dengan ANA, maskapai asal Singapura ini memang selalu jadi jawara di Skytrax. Layanan First Class digadang menyamai layanan hotel mewah berbintang lima. Bilik kursi di kelas utama memang super senyap, sehingga menawarkan kenyamanan yang tiada taranya.

4. Air France

Beberaa tahun terakhir ini Air France memang gencar mempromosikan kelas utamanya. Maskapai Perancis ini mendesain kelas utama dengan bilik yang akan menjaga privasi penumpangnya. Desainnya amat elegan, benar-benar khas Perancis.

3. Lufthansa

Tidak cuma menawarkan pelayanan super mewah begitu penumpang masuk pesawat, Lufthansa juga menawarkan fasilitas kelas bintang lima saat penumpang masih di darat. Bahkan, Lufthansa juga menyediakan layanan antar jemput dengan limousine.

2. Emirates

Ruang di kelas utamanya mencapai 12 meter persegi dengan fasilitas peredam kebisingan yang membuat penumpang kelas utamanya tak terganggu oleh apapun. Kemewahan khas mobil Mercedes Benz menjadi daya tarik utamanya.

1. Etihad Airways

Luas tiap ruangan di first class memang cuma terpaut satu meter dari Emirates, tepatnya 13 meter persegi. Namun, Etihad Airways menawarkan fasilitas toilet pribadi bagi tiap penumpang kelas utamanya. Inilah yang menjadikan Etihad Airways sebagai jawara utama kategori First Class versi Skytrax.

Bagaimana dengan Garuda Indonesia sebagai flag carrier Indonesia? Skytrax menempatkan Garuda Indonesia di urutan 11 dalam kategori First Class. Namun soal kenyamanan bangku (Best First Class Airline Seats), Garuda Indonesia menempati posisi lima terbaik.

Begitu juga soal menu makanan di penerbangan. Garuda Indonesia mampu menempati urutan ke-8 dalam kategori Best First Class Airline Catering. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *