Upgrade dengan Sistem Senjata FLASH, Paramount Siap Kirim EC635 ke Pelanggan Timur Tengah

ANGKASAREVIEW.COM – Paramount Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertahanan dan kedirgantaraan yang berbasis di Afrika Selatan dikabarkan tengah meng-upgrade kemampuan helikopter Airbus EC635 (H135M) untuk dikirim ke pelanggan mereka di Timur Tengah.

Perusahaan yang memiliki reputasi baik dari segi trobosan dalam hal teknologi dan inovasi ini sedang memasangkan  sistem senjata modular FLASH (Flexible Light Armed System for Helicopters) terbaru ke platform EC635 sebelum dikirim ke pelanggan yang masih mereka rahasiakan itu.

Berbicara dalam forum International Quality and Productivity Centre (IQPC) International Military Helicopter Conference yang digelar di London, Rabu(31/1/2018) lalu, CEO Paramounth Ralph Mills mengatakan bahwa sebelumnya mereka telah melakukan upgrade terhadap 26 unit helikopter dengan mengintegrasi sistem senjata modular ke platform helikopter tersebut. Dan kini mereka tengah melakukan upgrade sistem serupa terhadap enam platform helikopter EC635 untuk pelanggannya.

Baca Juga: PTDI Serahkan Tiga Unit Helikopter AS555 AP Fennec ke Kemhan

Sebagaimana kita ketahui, Irak merupakan negara yang mengoperasikan 26 unit helikopter EC635 generasi awal. Helikopter yang mereka terima telah dipasangkan SAWS (Stand-Alone Weapon System) yang dikembangkan oleh Airbus dan Paramount Group. Belum diketahui apakah keenam EC635 yang dipasangkan sistem FLASH terbaru apakah untuk Irak ataukah pelanggan baru mereka.

Seperti yang dijelaskan Mills, sistem FLASH anyar tersebut terdiri dari HMSD (helmet-mounted sight and display), komputer persenjataan, panerima GPS, panel kontrol senjata, video perekam, komputer HMSD dan unit transfer data, kontrol tampilan misi, serta turret sensor EO/IR (electro-optical / infrared).

Baca Juga: Hadir di Singapore Airshow 2018, Ini Daftar Dagangan Airbus

Pilihan senjata utamanya adalah senapan mesin berat 12.7 mm dan roket 70 mm. Opsional senjatanya terdiri dari FN Herstal Rocket Machine-Gun Pod (RMP), peluncur roket (12 tube),  meriam 20 mm, roket pandu FZ, rudal pandu 68 mm, serta berbagai rudal antitank.

Helikopter yang sesuai dengan platform sistem senjata Paramount antara lain Airbus Helicopters AS350/550, Bell 212, Mil Mi-17 ‘Hip’, AgustaWestland AW109 dan masih ada beberapa lagi platform helikopter yang sesuai. FERY SETIAWAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *