Buka Rute Baru, Garuda Indonesia Perkuat Potensi Wisata Wakatobi

ANGKASAREVIEW.COM – Maskapai nasional Garuda Indonesia mulai Selasa (26/12/2017) kemarin telah resmi melayani rute penerbangan Kendari – Wakatobi. Dengan mengoperasionalkan armada ATR 72-600 yang berkapasitas 70 penumpang, rute baru ini pun digadang akan memperkuat potensi wisata di Wakatobi.

“Beroperasinya layanan penerbangan tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam memaksimalkan konektivitas udara bagi potensi wisata nasional, khususnya Wakatobi yang merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional,” tutur Direktur Marketing & Teknologi Informasi Garuda Indonesia Nina Sulistyowati dalam keterangan resminya yang Angkasa Review terima, Rabu (27/12/2017).

Seperti yang ia paparkan, layanan penerbangan Kendari – Wakatobi vv tersebut dapat terealisasikan dengan baik berkat dukungan dari Kementerian Perhubungan RI dan Kementerian Pariwisata RI. Dua kementerian tersebut terus mendukung upaya Garuda Indonesia dalam memperkuat akses konektivitas udara nasional khususnya dalam mendukung peningkatan potensi pariwisata.

BACA  Mahasiswa Unsurya Tinjau Implementasi CASR di Bandara Halim Perdanakusuma

“Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Wakatobi yang memberikan dukungan penuh atas beroperasinya layanan penerbangan Kendari – Wakatobi ini. Dibukanya rute Kendari – Wakatobi tersebut juga sekaligus menjadi bagian dari komitmen Garuda Indonesia untuk terus memperkuat potensi jaringan penerbangan nasional,” imbuh Nina.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Wakatobi H Arhawi yang hadir dalam peresmian penerbangan perdana Kendari – Wakatobi berharap rute ini bisa terus ditingkatkan dan bisa dilayani setiap hari dan tentunya akan mendukung terlaksananya hal harapan terebut.

Layanan penerbangan Kendari – Wakatobi vv akan dilayani selama empat kali dalam seminggu, yakni Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu.

Sejalan dengan pengembangan infrastruktur layanan penerbangan di Bandara Matahora Wakatobi, pertumbuhan penumpang pesawat udara di Wakatobi menunjukan tren peningkatkan setiap tahunnya.

BACA  Raih 36 Medali Emas, TNI AD 11 Tahun Berturut-turut Jadi Juara Umum di Perhelatan AASAM

Hal tersebut terlihat peningkatan trafik penumpang di bandara tersebut. Selama tahun 2013 tercatat sebanyak 11.150 penumpang tiba dan 11.867 penumpang berangkat. Sedangkan sepanjang tahun 2015, trafik penumpang meningkat menjadi 19.100 penumpang tiba dan 20.081 penumpang berangkat.

Sejalan dengan pengembangan potensi wisata Wakatobi sebagai destinasi wisata prioritas nasional, pemerintah menargetkan pada 2019 Wakatobi akan dikunjungi 500.000 wisatawan mancanegara (wisman). Menurut data, saat ini jumlah kunjungan wisman ke Wakatobi sebanyak 18.000 wisman, yang di antaranya berasal dari Swedia dan Australia. FERY SETIAWAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *