Maksimalkan Pelayanan, Ini Fasilitas Bandara Halim yang Bikin Penumpang Nyaman

ANGKASAREVIEW.COM – Memasuki awal musim puncak periode libur natal 2017 dan tahun baru 2018 (nataru), Bandara Internasional Halim Perdanakusuma semakin gencar untuk menyiapkan fasilitas pelayanan berbasis digital bagi para calon penumpang. Terbalut dalam konsep pelayanan “Smart Airport”, berikut beragam fasililtas digital yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap penumpang di bandara dengan julukan “The Legend Airport” ini.

e-Kiosk

bandaraFery Setiawan

e-KiosK yang terdapat di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma

e-KiosK merupakan sebuah sarana yang memuat berbagai informasi yang dibutuhkan oleh penumpang pesawat mulai dari jadwal penerbangan hingga berbagai directory lokasi seperti tenant makanan. e-KiosK akan sangat membantu kebutuhan penumpang untuk mendapatkan informasi terkait bandara, sehingga akan memudahkan dalam melayani kebutuhan informasi penumpang.

BACA  Jepang cari negara lain sebagai mitra pengembangan jet tempur siluman

FIDS

bandaraFery Setiawan

Posko Terpadu Nataru 2017/2018 Bandara Internasional Halim Perdanakusuma.

Flight Information Display System (FIDS) merupakan sebuah sistem informasi digital yang berfungsi untuk menampilkan informasi jadwal penerbangan baik kedatangan pesawat (arrival) maupun keberangkatan pesawat (departure) di suatu bandar udara. Namun begitu, untuk mendapatkan informasi apapun atau bahkan bantuan, penumpang dapat mengunjungi  Information Center Bandara.

Self Check in Counter

bandaraFery Setiawan

Self check in counter di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma.

Pihak manajemen Bandara Halim telah memasang tujuh unit self check in counter yang disediakan khusus bagi penumpang non bagasi. Pihak manajemen secepatnya akan menambah satu mesin serupa untuk meningkatkan pelayanan.

BACA  16 peserta Singapore Airshow 2020 batal hadir, pameran tetap dilaksanakan

Fasilitas ini disediakan untuk mengurangi potensi antrean panjang penumpang check in di customer sevice. Dengan fasilitas tersebut, penumpang dapat mencetak boarding pass masing-masing.

Mulai hari ini (Kamis, 21/12/2017) pihak manajemen membuka gate khusus yang lokasinya persis di samping self check in counter sehingga penumpang yang telah mendapatkan boarding pass melalui self check in counter dapat langsung masuk boarding lounge tanpa harus mengantre dengan penumpang lain yang belum check in.

Segway

bandaraFery Setiawan

Petugas Bandara Internasional Halim Perdanakusuma sedang meninjau area bandara menggunakan Segway.

Tak hanya yang berbasis digital, bandara ini pun didukung dengan kendaraan Segway yang menunjang petugas lapangan yang memiliki mobilitas tinggi. Kendaraan yang ditenagai baterai ini mampu bermanuver dengan kecepatan maksimal 20 km tanpa menimbulkan suara bising.

BACA  Listva, Penjaga Senjata Strategis Rusia Berkekuatan Gelombang Mikro

Segway banyak digunakan di beberapa bandara internasional seperti Halim perdanakusuma. Dengan dimensi yang kecil, Segway sangat memudahkan petugas bandara untuk melesat di tengah keramaian penumpang yang lalu lalang. FERY SETIAWAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *