AN/ALR-69A(V), RWR full digital pertama untuk USAF

F-16 USAFUSAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Raytheon Intelligence & Space, anak perusahaan Raytheon Technologies, pada 3 Maret lalu mendapatkan kontrak senilai 30 juta untuk meningkatkan dan menyediakan radar warning receiver (RWR) baru untuk jet tempur F-16 USAF.

RWR dimaksud adalah AN/ALR-69A(V). Ini adalah RWR full digital pertama di dunia. Fungsinya memberikan solusi yang terjangkau dan efektif untuk perlindungan di lingkungan ancaman modern.

AN/ALR-69A(V) RWR secara dramatis meningkatkan kemampuan bertahan awak pesawat, memberikan kesadaran situasional “sensor maju” dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada sistem pesaing.

ALR-69A(V) menampilkan kemampuan yang sebelumnya tidak dapat dicapai dalam RWR taktis, yaitu penindasan pertahanan udara musuh, integrasi lintas platform yang mudah, cakupan spektral dan spasial yang ditingkatkan untuk deteksi sensitivitas tinggi di lingkungan sinyal padat, dan yang terbaru geolokasi kapal tunggal .

Perusahaan mengatakan, saat ini AN/ALR-69A(V) sedang diuji pada pesawat F-16, C-130H, dan KC-46A.

Modular, Arsitektur Terbuka

Raytheon merancang ALR-69A(V) untuk fleksibilitas dan potensi pertumbuhan maksimal.

Menggunakan teknologi penerima digital broadband canggih dan desain arsitektur terbuka, ALR-69A(V) meningkatkan kinerja RWR tradisional sekaligus memungkinkan misi baru untuk pesawat induk.

Desain ALR-69A(V) Raytheon memungkinkan kesamaan lintas platform, peningkatan cakupan spektral dan spasial, serta integrasi yang mudah dengan ECM atau sistem radar lainnya.

Desain ALR-69A(V) bergantung pada banyak komponen komersial yang tersedia, memungkinkan ekspansi atau peningkatan yang siap pakai.

Penggunaan suku cadang COTS dan sirkuit digital yang ekstensif juga memastikan keterjangkauan dan keandalan sekaligus meminimalkan risiko keusangan suku cadang dan menurunkan biaya perawatan siklus hidup.

Penerima broadband 16 saluran dapat dengan mudah dikonfigurasi ulang untuk mendukung aplikasi masa depan, dan seiring dengan peningkatan teknologi konverter, pengguna dapat meningkatkan waktu respons dan jangkauan dinamis hanya dengan mengganti kartu sirkuit digital.

Slot kartu pra-kabel ekstra memungkinkan antarmuka ke sistem penanggulangan elektronik atau radar apapun.

Cakupan 360

Cakupan 360 derajatnya disediakan oleh masing-masing dari empat penerima. Masing-masing berisi penerima saluran digital pita lebar, memberikan selektivitas sinyal dan sensitivitas tinggi dalam lingkungan sinyal padat.

Kombinasi saluran penerima yang sempit dan sejumlah besar saluran memberikan selektivitas yang diperlukan untuk sensitivitas tinggi dan pengelolaan interferensi sekaligus memastikan cakupan spektrum ancaman yang cepat dan waktu respons yang cepat.

Hasilnya adalah kompatibilitas frekuensi radio yang tak tertandingi, jangkauan deteksi yang lebih baik, dan identifikasi teman versus musuh yang akurat dan tidak ambigu dalam lingkungan sinyal padat yang terdiri dari keduanya.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *