Putin menang telak 87,8% dalam Pilpres Rusia berdasarkan hasil awal

Vladimir PutinReuters
ROE

AIRSPACE REVIEW – Presiden Vladimir Putin menang telak dalam Pemililah Presiden (Pilpres) Rusia pada hari Minggu. Hal ini memperkuat cengkeramannya pada kekuasaan meskipun ribuan penentangnya melakukan protes siang hari di tempat pemungutan suara dan Amerika Serikat mengatakan pemilu tersebut tidak bebas dan tidak adil, Reuters melaporkan.

Bagi Putin, mantan Letnan Kolonel KGB yang pertama kali naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1999, hasil ini dimaksudkan untuk menggarisbawahi kepada Barat bahwa para pemimpinnya harus memperhitungkan keberanian Rusia, baik dalam perang atau damai, selama bertahun-tahun yang akan datang.

Hasil awal ini berarti Putin, yang berusia 71 tahun, akan dengan mudah mendapatkan masa jabatan enam tahun baru yang memungkinkannya menyalip Josef Stalin dan menjadi pemimpin terlama di Rusia selama lebih dari 200 tahun.

Putin meraih 87,8% suara, yang merupakan hasil tertinggi dalam sejarah Rusia pasca-Soviet, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga jajak pendapat Public Opinion Foundation (FOM). Pusat Penelitian Opini Publik Rusia (VCIOM) menempatkan Putin pada 87%. Hasil resmi pertama menunjukkan bahwa jajak pendapat tersebut akurat.

Putin memenangkan 87,8% suara, hasil tertinggi sepanjang sejarah pasca-Soviet Rusia, menurut jajak pendapat keluar oleh lembaga pemungutan suara Yayasan Opini Publik (FOM). Pusat Riset Opini Publik Rusia (VCIOM) menempatkan Putin pada 87%. Hasil resmi pertama menunjukkan bahwa hasil jajak pendapat akurat.

Kandidat Komunis Nikolai Kharitonov berada di posisi kedua dengan kurang dari 4%, pendatang baru Vladislav Davankov di posisi ketiga, dan ultranasionalis Leonid Slutsky di posisi keempat. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *