Jenderal Top AS: Ukraina butuh waktu bertahun-tahun dan miliaran dolar untuk menandingi kekuatan udara Rusia

Jenderal Mike MilleyUS DoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Ukraina membutuhkan waktu bertahun-tahun dan anggaran miliaran dolar AS bagi Barat untuk membantu Kyiv menandingi kekuatan udara Rusia.

Dikatakan, Ukraina harus dapat menyamai jumlah pesawat tempur generasi keempat dan kelima Rusia, melatih pilot Ukraina, dan memfasilitasi perawatan yang diperlukan, kata Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley dalam konferensi pers hari Selasa.

“Sepuluh F-16 bernilai 2 miliar dolar AS. Rusia memiliki ratusan pesawat generasi keempat dan kelima. Jika mereka (Ukraina) akan mencoba menyamai Rusia, satu untuk satu atau bahkan dua banding satu, Anda berbicara tentang sejumlah besar pesawat,” kata Milley dikutip Sputnik.

“Itu akan memakan waktu bertahun-tahun untuk melatih pilot, bertahun-tahun untuk melakukan pemeliharaan dan pemeliharaan, bertahun-tahun untuk menghasilkan tingkat dukungan finansial untuk melakukan itu. Anda berbicara tentang miliaran dolar lebih banyak daripada yang telah dihasilkan,” tambah jenderal top AS sekaligus jenderal senior kelahiran 20 Juni 1958 itu.

Alih-alih memasok Ukraina dengan pesawat yang mahal, Milley menyarankan untuk Ukraina berfokus pada pertahanan udara dan penggunaan senjata gabungan ofensif, yaitu senjata artileri baik jarak jauh maupun jarak pendek.

Pada hari Minggu, penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan Amerika Serikat akan mengizinkan mitra Eropanya untuk mulai melatih pilot Ukraina untuk menerbangkan jet tempur F-16 dan menyediakan alat yang diperlukan untuk tujuan itu.

Namun demikian, kapan batas waktu jet itu akan mencapai Ukraina masih tetap tidak jelas.

Sebelumnya pada bulan Juli, Direktur Staf Gabungan Pentagon untuk Operasi Letnan Jenderal Douglas Sims II mengatakan bahwa kondisi di medan perang di Ukraina tidak ideal untuk menggunakan jet tempur F-16 mengingat Rusia masih memiliki kemampuan pertahanan udara.

-Poetra-

3 Replies to “Jenderal Top AS: Ukraina butuh waktu bertahun-tahun dan miliaran dolar untuk menandingi kekuatan udara Rusia”

  1. Apa yang dibicarakan itu untuk program lebih dari 10 tahun ke depan dan itupun blm tentu bisa sejajar dengan angkatan bersenjata Rusia. Untuk saat itu, Ukraina lbh baik menyerah dan negoisasi dengan Rusia untuk damai.

  2. Uni sovyet lebih dri siap seandainya Nato konfrontasi langsung dgn nya kan lebih baik Ukraina kembali kekeadaan semula tak perlu ngotot mau masuk Nato. Mau perang ngandalin Bantuan negara2 Nato bunuh diri namanya karena merekan juga peralatan perangnya cukup pertahan Negara mana sudah jadul semua.

  3. NATO bersama dg USA sekalipun serang Rusia, Rusia tidak akan serta merta kalah, pasti ada negara Eropa yang hilang, sekutu Rusia pasti juga akan terlibat membantu, kalau jadi abu menang jadi arang, target NATO adalah mau melemahkan Rusia dan hitung² kekuatan Rusia, rupanya diluar perhitungan NATO, Rusia jauh lebih kuat dan punya supporting tim negara dari sekutu apabila diperlukan, Wagner membelot menurut saya juga bagian dari strategi Rusia mempersiapkan kekuatan untuk langkah berikutnya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *