Irak borong selusin JF-17 dari Pakistan untuk gantikan F-16-nya

JF-17PAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Irak dilaporkan telah menandatangani kesepakatan dengan Pakistan, setelah dua tahun wacana diplomatik untuk membeli pesawat tempur buatan Pakistan.

Seperti dilansir situs Pakistan, The News International (9/7), Irak telah bergabung dengan daftar negara yang mengakuisisi jet tempur JF-17 Thunder.

Selain Pakistan, saat ini jet tempur JF-17 telah beroperasi dengan Angkatan Udara Nigeria dan Myanmar.

Dikabarkan, selusin JF-17 yang dipesan Irak adalah varian mutakhir Block III, dengan biaya diperkirakan sekitar 664 juta dolar AS.

Penambahan jet tempur baru ini ditetapkan untuk mengambil alih peran F-16 buatan Lockheed Martin Amerika Serikat.

Jet tempur F-16 milik AU Irak dilaporkan sudah tak lagi operasional dikarenakan kekurangan suku cadang dan kurangnya dukungan perawatan.

Mengenai JF-17, jet tempur generasi ke-4/4,5 ini dikembangkan bersama oleh PAC Pakistan dengan pabrik pesawat CAC (Chengdu Aircraft Corporation) China.

Varian JF-17 Block III atau JF-17C ini telah mengadopsi atau berbagi beberapa teknologi canggih dari jet tempur siluman J-20 Mighty Dragon, China.

Pilot telah dibekali Helm Mounted Display (HMD) serupa dengan helm pilot J-20. HMD akan memancarkan semua informasi penerbangan penting yang biasanya ditampilkan di layar kokpit.

Ini mengurangi tekanan stress selama terbang dan memungkinkan pilot untuk lebih fokus pada misi tempurnya.

JF-17C memiliki kemampuan yang telah ditingkatkan, seperti Missile Approach Warning Systems (MAWS), Wide Angle Smart HUD, lebih banyak titik keras di dagu, dan rangkaian perang elektronik terintegrasi (EW).

Pada hidung pesawat juga diyakini telah terpasang radar AESA (Active Electronically Scanned Array) yang dipasok oleh China.

Jumlahnya bawaan senjata JF-17C juga lebih banyak dibandingkan varian A/B. Salah satu senjata terbarunya adalah rudal udara ke udara canggih buatan China, PL-10E.

Digadang-gadang, JF-17C mendapatkan peningkatan kemampuan high off-boresight missile di mana pesawat dapat menembak dari posisi apa pun.

Peningkatan penggunaan komposit serat karbon juga telah diterapkan pada JF-17C yang mengurangi bobot pesawat secara signifikan.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *