Rostec siapkan mesin domestik VK-650V untuk heli Ansat dan Ka-226T

Ansat and Ka-226TRussian Helicopters

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – JSC ODK Klimov anak perusahaan United Engine Corporation (UEC), bagian dari Rostec, sedang mempersiapkan mesin domestik VK-650V untuk digunakan pada heli Ansat dan Ka-226T, maupun helikopter lainnya.

Teknologi “digital twin” yang canggih diterapkan pada mesin ini sehingga memungkinkan komputasi kinerja tinggi, pengembangan sistem kontrol, simulasi uji lapangan, dan optimalisasi pertukaran data otomatis dan pemrosesan data.

“Pada tahun 2024 kami berencana untuk mendapatkan sertifikat tipe mesin turboshaft domestik untuk helikopter Ansat dan Ka-226T,” kata Vladimir Artyakov, Deputi Pertama CEO Rostec State Corporation.

Dikatakan, leunggulan VK-650V termasuk desain modular, umur mesin yang lama, dan sistem auto-regulasi digital tipe FADEC.

Mesin berbasis kesamaan ini cocok untuk berbagai jenis helikopter serbaguna, baik dalam versi bermesin ganda maupun bermesin tunggal.

Saat ini uji Teknik mesin VK-650V sedang berlangsung.

Pada 2019, UEC telah menginisiasi pengembangan mesin di kelas 500-600 hp.

Pengembang utama mesin adalah JSC ODK Klimov.

Mesin demonstran dibangun pada 2020, dan peluncuran pertama dengan pengapian ruang bakar dilaksanakan pada Januari 2021.

Mesin prototipe pertama telah diproduksi tahun lalu.

Pengembangan mesin buatan dalam negeri Rusia, untuk menggantikan mesin yang digunakan saat ini yaitu mesin turboshaft Pratt & Whitney Canada PW207K.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *