KRI Pollux-935, kapal perang terbaru TNI AL produksi dalam negeri

KRI Pollux-935Dispenal

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Laut resmi memiliki kapal perang terbaru yang diberi nama KRI Pollux-935. Kapal perang produksi dalam negeri buatan PT Karimun Anugerah Sejati (KAS) Batam ini akan melengkapi Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal).

Tahapan Shipnaming dan Delivery KRI Pollux dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Galangan PT KAS, Batam pada 5 Agustus 2021.

Dalam kesempatan tersebut KSAL sekaligus mengukuhkan Mayor Laut (P) Tomy Ronaldy sebagai Komandan KRI Pollux-935.

Tomy merupakan alumni Dikmapa PK TNI Angkatan X Tahun 2003.

KSAL mengatakan, KRI Pollux akan dioperasikan oleh Pushidrosal sebagai unsur Bantu Hidro Oseanografi (BHO) Lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi Geopasial Kelautan Indonesia.

“Semoga kehadiran KRI ini dapat menambah semangat dan menajamkan kemampuan TNI AL dalam melaksanakan tugas-tugas survei dan pemetaan laut,” ujar Yudo.

Kasal menyatakan, pembangunan kapal PC 40 M ini memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan nasional.

Disebutkan, PT KAS telah berhasil dalam pengembangan teknologi industri pertahanan yang mampu menjadi solusi dalam upaya mengurangi ketergantungan kepada negara lain.

Pengadaan alutsista TNI AL di masa mendatang, khususnya kapal-kapal BHO, kata KSAL, dapat dipenuhi di dalam negeri.

KRI Pollux-935Lantamal IV

“Galangan kapal nasional mampu menciptakan inovasi-inovasi baru dan meningkatkan kemampuannya agar dapat berkompetisi di pasar global,” jelas KSAL seperti dikutip dari keterangan tertulis Dispenal.

Spesifikasi KRI Pollux

KRI Pollux-935 merupakan jenis kapal Patroli Cepat (PC) 40 m dengan spesifikasi panjang 45,5 m, lebar 7,9 m, tinggi 4,25 m, dan draft 2,2 m. Bobot mati kapal mencapai 220 ton.

Degnan bobot mati 220 ton, KRI Pollux dapat berlayar dengan kecepatan maksimum 27 knots, kecepatan jelajah 20 knot, dan kecepatan ekonomis 15 knot.

Kapal dengan kapasitas angkut 37 Anak Buah Kapal (ABK) ini dipersenjatai meriam 30 mm dan 12,7 mm.

Bintang paling terang

Nama KRI Pollux diambil dari nama bintang yang paling terang dan paling mudah dikenali dalam rasi bintang Gemini.

Bintang ini juga merupakan salah satu dari 20 bintang paling terang di langit.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published.