Dihadiri Pangeran Brunei, TUDB sambut kedatangan dua pesawat C295MW buatan Airbus Defence and Space

C295MW Brunei_MoD

TENTERA UDARA Diraja Brunei (TUDB) menyambut kedatangan dua pesawat C295MW di Pangkalan Angkatan Udara Rimba. Upacara penyambutan pesawat dihadiri oleh Yang Mulia Pangeran Brunei Haji Al-Muhtadee Billah. Kedatangan pesawat buatan Airbus Defence and Space ini menandai kemajuan bagi Angkatan Udara Kerajaan Brunei.

Usai mendapat pengarahan dan presentasi video, Yang Mulia Pangeran Brunei melakukan tur pengenalan pesawat C295MW tersebut. Acara dilanjutkan dengan sesi foto.

Brunei menandatangani kontrak pengadaan beberapa tiga angkut menengah Airbus C295MW pada 2 Desember 2022. Rilis tersebut menyebutkan bahwa pesawat tersebut akan dikirimkan dalam beberapa gelombang.

C295 adalah pesawat angkut militer taktis twin-turboprop berukuran sedang. C295MW (Military, Winglets) dengan keserbagunaannya dalam misi strategis dan taktis, melambangkan era baru bagi TUDB. Dari operasi Bantuan Kemanusiaan dan Bantuan Bencana (HADR) hingga misi Pencarian dan Penyelamatan (SAR), pesawat ini siap untuk mengisi kemampuan pertahanan Brunei.

Kebijakan pertahanan negara ini, yang menjawab nuansa geopolitik dan kebutuhan modernisasi, menekankan stabilitas regional dan diversifikasi ekonomi, khususnya dalam menanggapi dinamika Laut China Selatan.

C295MW akan menggantikan satu-satunya CN235-110M buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang telah digunakan sejak 1997.

Pesawat C295 awalnya diproduksi oleh perusahaan kedirgantaraan Spanyol CASA. Pengerjaan pesawat ini dimulai pada tahun 1990-an sebagai turunan dari pesawat angkut CASA/IPTN CN235 yang sukses di pasaran.

Pada tanggal 28 November 1997, prototipe pertama melakukan penerbangan perdananya. Produksi kuantitas dimulai segera setelahnya. Pada bulan April 1999, Angkatan Udara Spanyol menjadi pelanggan pertama pesawat ini dengan pesanan sembilan C-295 berkonfigurasi militer. Dua tahunkemudian, tipe tersebut dinyatakan beroperasi dengan layanan tersebut.

Setelah CASA melebur ke dalam grup penerbangan pan-Eropa EADS pada tahun 2000, CASA diubah namanya menjadi EADS CASA C-295. Pembuatan dan perakitan akhir C295 dilaksanakan fasilitas Airbus Defence and Space di Bandara San Pablo yang terletak di Seville, Spanyol.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *