Mengenal Inkas Sentry APC, kendaraan taktis milik Koopssus TNI

Inkas Sentry APC Koopsuss TNI_ airspace reviewIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jarang terekspose, Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI saat ini memiliki dan mengoperasikan kendaraan taktis (rantis) lapis baja pengangkut personel buatan Uni Emirat Arab.

Rantis yang dimaksud adalah Sentry APC buatan perusahaan Inkas yang didatangkan sekitar tahun 2018-2019.

Airbus_contoh2

Sentry APC merupakan kendaraan multiguna yang dirancang untuk digunakan dalam kondisi iklim ekstrem sekalipun. Kendaraan memiliki performa off-road dan kemampuan manuver tingkat tinggi.

Sebagai tenaga penggeraknya berupa mesin diesel kapasitas 6.700 cc yang menghasilkan daya 330 hp. Kendaraan dapat menampung 151 liter solar dalam tangkinya.

Untuk spesifikasinya, Sentry APC berdimensi panjang 5,9 m, lebar 2,4 m, dan tinggi 2,5 m. Kendaraan diawaki delapan hingga sepuluh prajurit, termasuk pengemudi dan komandan.

Untuk tingkat perlindungan balistiknya, Sentry APC berada pada CEN Level BR7 yang dapat menahan tumbukan munisi kaliber ringan 5,56 mm dan 7,62 mm.

Sementara sebagai persenjatan beladiri dan bertempur, di atas atapnya dapat dipasangi kubah berawak yang dipersenjatai dengan senapan mesin 7,62 mm atau 12,7 mm.

Untuk diketahui, Inkas Vehicles LLC Uni Emirat Arab berdiri sejak 2012. Perusahaan ini merupakan hasil kerja sama dengan Inkas AMV (Armored Vehicle Manufacturing) yang berasal dari Kanada.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *