Putin: Rusia berhasil melewati tahun ini dengan percaya diri

Presiden Rusia Vladimir PutinKremlin
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jelang akhir tahun 2022, Presiden Rusia Vladimir Putin menyediakan waktu khusus dengan para wartawan dari berbagai media di Rusia.

Presiden Putin menjawab berbagai hal yang diajukan oleh wartawan.

Berikut transkrip tanya jawab dari kegiatan yang dilaksanakan di Istana Kremlin dan telah dirilis pada 22 Desember 2022 lalu.

Presiden Rusia Vladimir Putin: Silakan.

Yulia Bubnova: Selamat siang, Yulia Bubnova dari TASS.

Sejujurnya, saya ingin memulai dengan beberapa kesimpulan. Jelas, ini bukan tahun yang paling mudah, dan bukan yang paling biasa, tetapi apa hasil utamanya bagi Anda?

Apa yang telah kita capai, mungkin, apa yang gagal kita capai, dan bagaimana Anda melihat masa depan kita, ke mana kita pergi dan ke mana kita harus tiba? Terima kasih.

Vladimir Putin: Tidak ada situasi yang ideal. Situasi ideal hanya terjadi dalam rencana, di atas kertas, dan Anda selalu menginginkan sesuatu yang lebih. Tetapi secara umum, menurut saya Rusia berhasil melewati tahun ini dengan cukup percaya diri. Kami tidak khawatir bahwa situasi saat ini akan menghalangi kami untuk mengimplementasikan rencana kami untuk masa depan, termasuk untuk tahun 2023.

Biarkan saya ulangi sekali lagi, kami percaya – saya ingin menekankan ini – bahwa segala sesuatu yang terjadi, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan operasi militer khusus, adalah tindakan yang mutlak terpaksa dan perlu. Kita harus berterima kasih kepada militer kita, pasukan kita, perwira kita, tentara kita atas apa yang mereka lakukan untuk Rusia, mempertahankan kepentingannya, kedaulatannya, dan yang terpenting, melindungi rakyat kita. Mereka bertindak dengan bermartabat dan mencapai apa yang dibutuhkan negara.

Adapun ekonomi, seperti yang Anda ketahui, meskipun keruntuhan, kehancuran dan malapetaka diprediksikan untuk kita di bidang ekonomi, hal seperti itu tidak terjadi. Selain itu, Rusia tampil jauh lebih baik daripada banyak negara G20, dan melakukannya dengan percaya diri. Ini berlaku untuk indikator ekonomi makro utama dan PDB. Ya, ada sedikit penurunan. Saya mengatakannya baru-baru ini: 2,9 persen, menurut pakar kami dan internasional. Sekarang mereka memberikan angka lain, bahkan lebih kecil: 2,5.

Tingkat pengangguran adalah indikator utama di seluruh dunia. Di Rusia, ini di bawah periode sebelum pandemi: izinkan saya mengingatkan Anda, dulu 4,7 persen, dan sekarang menjadi 3,8–3,9 persen. Artinya, pasar tenaga kerja stabil.

Keuangan publik stabil, tidak ada detail yang mengkhawatirkan di sini juga. Hasil ini tidak jatuh begitu saja ke pangkuan kami. Ini adalah hasil kerja Pemerintah, tim daerah, bisnis, dan sentimen masyarakat, yang menunjukkan persatuan dan keinginan untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Oleh karena itu, secara umum kami merasa percaya diri, dan saya yakin setiap tujuan yang kami tetapkan akan tercapai.

Konstantin Panyushkin: Selamat siang, Konstantin Panyushkin, Saluran Satu.

Setelah Dewan Negara, jika Anda mau. Bagaimana Anda secara pribadi menilai hasil implementasi kebijakan pemuda tahun ini, mengingat sikap bermartabat pemuda Rusia sejak 24 Februari?

Vladimir Putin: Anda tahu, kami selalu membicarakan hal ini – yah, bukan kami, tetapi lihat literatur klasik kami: ini selalu tentang ayah dan anak, selalu menjadi pertanyaan kaum muda dalam setiap periode perkembangan negara – dan, memang, saya pikir hal yang sama terjadi di seluruh dunia – kaum muda terus-menerus dituduh dangkal, tidak layak atas sesuatu, bahwa semuanya lebih baik sebelumnya.

Sebaliknya, saya percaya bahwa anak muda selalu lebih baik. Ingat pencobaan terberat setiap saat dalam sejarah kita. Semua orang berkata, “Tidak, itu dulu, sekarang mereka tidak bisa melakukannya.” Tapi apa yang tidak bisa mereka lakukan? Anak muda bisa melakukan segalanya. Ada berbagai jenis di semua kelompok umur. Tetapi secara umum, kaum muda kita menunjukkan, pertama-tama, perjuangan untuk kemajuan, mereka menunjukkan tingkat pendidikan yang tinggi, pelatihan, pemahaman tentang proses yang sedang berlangsung di dunia, dalam masyarakat, dan pemahaman tentang ke mana harus pergi, apa yang memiliki nilai sebenarnya, apa yang perlu Anda andalkan.

Saya berbicara tentang sejarah kita, cinta untuk Tanah Air kita, untuk Tanah Air kita. Ini terutama diucapkan selama masa percobaan.

Ingat peristiwa sulit kita di Kaukasus Utara. Orang-orang tidak terlalu memikirkan masa muda kita. Tapi ingat pasukan terjun payung dari Pskov – ini adalah contoh dari apa yang bisa dilakukan anak muda, betapa heroiknya mereka bisa berperilaku. Dan sekarang lihat bagaimana anak muda berperang dan bagaimana anak muda kita menanggapi apa yang terjadi di zona operasi militer khusus, bagaimana mereka mendukung pejuang kita.

Saya pergi ke Manezh hari ini, dan saya hampir menangis ketika melihat bagaimana orang-orang muda di usia remaja dan sedikit lebih tua mengumpulkan barang-barang, menulis surat. Ada juga banyak sukarelawan yang masih muda.

Ya, orang berbeda. Ada orang yang masuk ke mobilnya dan diam-diam pergi, ya. Tetapi secara keseluruhan, saya ingin mengulangi bahwa kaum muda Rusia – dan saya dapat mengatakan ini dengan percaya diri – menunjukkan cinta untuk tanah mereka, keinginan untuk memperjuangkannya dan bergerak maju secara individu dan sebagai sebuah negara.

Andrei Kolesnikov: Selamat siang. Koran Kommersant.

Tuan Presiden, Anda tidak memberikan Pidato Anda kepada Majelis Federal tahun ini dan, tampaknya, tidak akan ada. Seperti banyak orang lain, saya telah menulis tentang ini, mencatat bahwa masalah pidato berkobar dalam beberapa format baru-baru ini, misalnya, pada pertemuan Dewan untuk Pengembangan Strategis dan Proyek Nasional. Tampaknya, kemarin juga disinggung dalam rapat lanjutan Dewan Kementerian Pertahanan.

Bisakah Anda menjelaskan mengapa ini terjadi tahun ini? Dan bagaimana masa depan pidato Anda?

Vladimir Putin: Saya pikir tidak ada pidato di tahun 2017 juga. Saya mengacu pada tahun kalender. Tapi harus ada.

Apa masalahnya? Masalahnya adalah ini adalah peristiwa yang bergerak cepat, situasinya berkembang sangat pesat. Oleh karena itu, sangat sulit – mungkin tidak terlalu banyak, tetapi agak sulit untuk menentukan hasil pada saat tertentu dan rencana khusus untuk waktu dekat. Kami akan melakukannya awal tahun depan, tanpa keraguan.

Tapi inti dari alamatnya terletak pada apa yang baru saja saya katakan. Itu telah tercermin dalam pernyataan saya dengan satu atau lain cara. Mustahil untuk tidak membicarakannya. Jadi, sejujurnya, agak sulit bagi saya dan Kantor Eksekutif untuk memasukkan ini ke dalam pidato resmi tanpa banyak pengulangan, dan hanya itu. Dengan kata lain, saya telah berbicara tentang hal-hal penting dengan satu atau lain cara, jadi tidak ada banyak keinginan untuk mengumpulkan semuanya lagi dan mengulangi apa yang telah saya katakan.

Untuk sesuatu yang substansial, kami membutuhkan waktu dan analisis tambahan tentang apa yang terjadi, apa yang kami bicarakan dan rencanakan untuk waktu dekat.

Kami akan melakukan ini. Saya tidak akan menyebutkan tanggal pastinya tetapi kami pasti akan melakukannya di tahun mendatang.

Kseniya Golovanova: Kseniya Golovanova, Interfax.

Tuan Presiden, saya ingin bertanya tentang kesepakatan untuk memasok baterai rudal Patriot ke Ukraina yang dicapai selama kunjungan Tuan Zelensky ke Amerika Serikat. Apakah mungkin berbicara tentang keterlibatan penuh AS dalam konflik di Ukraina? Bagaimana dengan konsekuensi dari keputusan ini? Misalnya, dapatkah Rusia membawa sistemnya lebih dekat ke perbatasan negara-negara NATO atau menyebarkannya langsung ke AS? Terima kasih.

Vladimir Putin: Anda bertanya apakah mungkin berbicara tentang keterlibatan AS yang lebih besar dalam konflik di Ukraina. Saya pikir kita perlu melihat masalah ini secara lebih luas. Apa yang saya maksud secara khusus dan mengapa?

Karena Amerika Serikat telah melakukan ini sejak lama – ia telah lama terlibat dalam proses yang terjadi di ruang Soviet dan pasca-Soviet. Kembali ke masa Soviet, seluruh institut bekerja di Ukraina, dan mereka sepenuhnya menyadari latar belakang masalah tersebut. Mereka telah berpengalaman, spesialis mendalam yang mengetahui hal ini secara profesional. Saya akan ulangi, tanah diletakkan pada masa Soviet; orang dipilih, makna didefinisikan dan seterusnya. Saya tidak ingin masuk ke detail pada saat ini – ini bukan format yang tepat di mana seseorang dapat masuk jauh ke dalam sejarah masalah ini. Konon, masih jelas dari mana semua ini berasal.

Persatuan dunia Rusia adalah masalah yang sangat halus. Divide and rule – slogan ini digunakan di zaman kuno dan masih digunakan secara aktif dalam politik nyata. Inilah mengapa musuh potensial kita, lawan kita selalu memimpikan hal ini dan selalu terlibat dalam hal ini. Mereka telah mencoba memecah belah kami dan kemudian menjalankan bagian-bagian yang terpisah.

Apa yang baru di sini? Gagasan separatisme Ukraina lahir dengan sendirinya jauh-jauh hari, ketika kita masih satu negara. Anda tahu, saya selalu mengatakan bahwa jika seseorang memutuskan bahwa kelompok etnis yang terpisah telah terbentuk dan ingin hidup mandiri, demi Tuhan, tidak mungkin bertentangan dengan keinginan rakyat.

Tetapi jika demikian, prinsip ini harus bersifat universal dan tidak mungkin bertentangan dengan keinginan orang-orang yang merasa berada dalam realitas yang berbeda, yang menganggap diri mereka bagian dari rakyat Rusia dan dunia Rusia, yang percaya bahwa mereka adalah bagian dari budaya ini, bagian dari bahasa ini dan bagian dari sejarah dan tradisi ini. Tidak ada yang bisa melawan mereka juga.

Tapi perang terjadi pada mereka pada tahun 2014. Maksud saya perang. Ini tentang apa. Apa itu ketika pusat kota berkekuatan sejuta dihantam dari udara? Ada apa ketika pasukan dengan baju besi dikerahkan untuk melawan mereka? Itu adalah perang, operasi tempur. Kami menanggung semua ini, bertahan dan bertahan, dengan harapan akan ada kesepakatan damai. Sekarang ternyata kami hanya dibodohi. Jadi, negara seperti Amerika Serikat sudah lama terlibat dalam hal ini. Waktu yang lama.

Dalam pengertian ini, dapat dikatakan bahwa dengan mengarahkan kita ke peristiwa terkini, mereka mencapai tujuan yang diinginkan. Bagi kami, kami juga tidak punya pilihan lain selain tindakan yang kami lakukan akhir Februari lalu. Ya, itulah logika yang membentuk perkembangan, tetapi tujuan utama kami adalah untuk melindungi orang-orang yang – saya ulangi – merasa bahwa mereka adalah bagian dari bangsa kami, bagian dari budaya kami.

Apa yang kita percaya pada satu waktu? Kami percaya bahwa oke, USSR tidak ada lagi. Tapi, seperti yang saya katakan pada rapat Dewan Kementerian Pertahanan kemarin, kami pikir akar sejarah kita yang sama, latar belakang budaya dan spiritual kita akan lebih kuat daripada apa yang memisahkan kita, dan kekuatan seperti itu selalu ada. Kami berasumsi bahwa yang menyatukan kami lebih kuat. Tapi tidak, ternyata tidak jadi, karena bantuan kekuatan luar dan fakta bahwa orang-orang dengan pandangan nasionalis ekstrim berkuasa pada dasarnya setelah runtuhnya Persatuan.

Dan perpecahan ini semakin memburuk sepanjang waktu dengan bantuan kekuatan-kekuatan ini dan terlepas dari semua upaya kami. Seperti yang pernah saya katakan – pada awalnya kami ditarik terpisah, dipisahkan dan kemudian diatur satu sama lain. Dalam pengertian ini, mereka telah mencapai hasil, tentu saja, dan dalam pengertian ini telah menjadi kegagalan bagi kami. Kami tidak punya apa-apa lagi. Mungkin kita memang sengaja dibawa ke sini, ke jurang ini. Tapi kami tidak punya tempat untuk mundur, inilah masalahnya.

Mereka selalu terlibat penuh; mereka melakukan yang terbaik. Saya tidak ingat sekarang, tetapi Anda dapat membacanya di buku sejarah. Salah satu deputi Duma Negara Tsar berkata, jika Anda ingin kehilangan Ukraina, tambahkan Galicia ke dalamnya. Dan inilah yang terjadi pada akhirnya; dia ternyata visioner. Mengapa? Karena orang-orang dari bagian itu berperilaku sangat agresif dan benar-benar menekan mayoritas yang diam di bagian lain wilayah itu.

Tetapi sekali lagi, kami percaya bahwa fondasi yang mendasari persatuan kami akan lebih kuat daripada tren yang memisahkan kami. Tapi ternyata bukan itu masalahnya. Mereka mulai menindas budaya Rusia dan bahasa Rusia, mencoba menghancurkan persatuan spiritual kami dengan cara yang sangat biadab. Dan mereka berpura-pura tidak ada yang memperhatikan. Mengapa? Karena, seperti yang saya katakan, strategi mereka adalah memecah belah dan menguasai.

Penyatuan rakyat Rusia tidak diinginkan. Tidak ada yang menginginkannya. Sebaliknya, perpecahan kita akan membuat mereka bahagia; mereka dengan senang hati akan terus mencabik-cabik kita. Tetapi penyatuan dan konsolidasi kami adalah hal yang tidak diinginkan siapa pun – kecuali kami, dan kami akan melakukannya dan kami akan berhasil.

Mengenai aspek teknis-militer, intinya seperti yang saya katakan kemarin, fregat Admiral Gorshkov akan memasuki dinas tempur pada awal Januari, dilengkapi dengan sistem senjata baru.

Bukannya kami merencanakan provokasi apa pun, tetapi itu tetap merupakan faktor dalam memperkuat kekuatan strategis kami. Ini adalah sistem jarak menengah, tetapi memiliki karakteristik kecepatan sedemikian rupa sehingga dapat memberi kita keuntungan tertentu dalam pengertian ini.

Adapun Patriot, ini adalah sistem yang cukup lama. Saya akan mengatakan itu tidak berfungsi seperti S-300 kami. Namun demikian, mereka yang menentang kami berasumsi bahwa sistem ini adalah senjata pertahanan. Baiklah. Kami hanya akan mengingatnya, dan selalu ada penawarnya. Jadi mereka yang melakukan ini, melakukannya dengan sia-sia: itu hanya memperpanjang konflik, dan itu saja.

Konstantin Kokoveshnikov: Selamat siang. Konstantin Kokoveshnikov, saluran TV Zvezda.

Kalau boleh, saya punya satu pertanyaan lagi tentang operasi militer khusus. Seperti biasa, Anda tidak banyak bicara tentang jalannya operasi, lebih memilih untuk tidak membicarakan detailnya. Namun, apakah Anda melihat tanda-tanda konflik semakin berlarut-larut? Terima kasih.

Vladimir Putin: Anda tahu, saya sudah membicarakan hal ini. Situasi sebenarnya mulai berkembang – ini kurang terlihat di sini, sementara Barat memilih untuk tidak berbicara atau memperhatikan apa pun – jauh di tahun 2014, setelah kudeta yang dihasut oleh Amerika Serikat, ketika kue-kue dibagikan di Maidan. Saya telah membicarakan hal ini berkali-kali.

Tapi tujuan kami bukan untuk mengobarkan konflik militer tetapi untuk mengakhiri perang ini. Inilah yang kami inginkan, dan inilah yang akan kami coba lakukan.

Bagi saya berbicara sedikit atau sedikit tentang itu, ini logis. Di satu sisi, saya mungkin tidak banyak bicara, tetapi Kementerian Pertahanan mengadakan pengarahan harian untuk melaporkan kepada publik dan negara tentang apa yang sedang terjadi, di mana ini terjadi, dengan cara apa dan seterusnya.

Singkatnya, kami akan melakukan yang terbaik untuk mengakhiri ini, dan tentu saja lebih cepat lebih baik. Mengenai apa dan bagaimana ini terjadi, saya telah mencatat dalam banyak kesempatan bahwa intensifikasi konflik akan menyebabkan kerugian yang tidak dapat dibenarkan. Banyak yang sedikit membuat mickle.

Alexei Petrov: Alexei Petrov, saluran TV Rossiya.

Bapak Presiden, pertanyaan saya pada dasarnya menindaklanjuti tema ini.

Perempat politik Barat baru-baru ini mengatakan, termasuk di NATO, bahwa sumber daya Barat yang diberikan ke Ukraina sebagai bantuan tidak terbatas; pada kenyataannya, mereka kehabisan. Pada saat yang sama, beberapa ahli Barat percaya bahwa sumber daya Rusia hanya sampai rudal terakhir, amunisi, dan sebagainya.

Kami telah mendengar ini sebelumnya, tetapi bagaimana situasi di industri pertahanan kami? Bisakah itu mengisi kembali sumber daya yang kita butuhkan, di satu sisi, dan menghasilkan cukup untuk melanjutkan operasi militer khusus, di sisi lain? Terima kasih.

Vladimir Putin: Vladimir Putin: Pertama-tama, saya tidak berpikir bahwa sumber daya negara-negara Barat dan anggota NATO telah menipis. Hal lain adalah bahwa Ukraina disuplai dengan senjata dari negara-negara bekas Pakta Warsawa, yang sebagian besar adalah buatan Soviet. Sumber daya ini benar-benar habis; kami telah menghancurkan dan membakar hampir semua senjata ini. Hanya ada beberapa lusin kendaraan lapis baja dan ratusan sistem senjata lainnya yang tersisa. Kami telah menghancurkan banyak dari mereka. Stok sistem ini hampir habis.

Tetapi ini tidak berarti bahwa negara-negara Barat dan NATO tidak memiliki senjata lain. Mereka memang memilikinya. Namun, tidak mudah untuk beralih ke sistem senjata baru, termasuk yang berstandar NATO. Ini membutuhkan waktu persiapan, pelatihan personel, stok suku cadang, pemeliharaan dan perbaikan. Ini adalah masalah besar dan rumit. Ini poin pertama saya.

Kedua, ada juga pertanyaan tentang kemampuan industri pertahanan Barat. Sektor pertahanan AS memang besar dan bisa digeber, tapi di sana juga tidak akan mudah, karena ini melibatkan alokasi tambahan, dan alokasi dana adalah bagian dari proses anggaran. Ini bukan masalah sederhana.

Dikatakan bahwa sistem Patriot dapat dikirim ke Ukraina. Biarkan mereka melakukannya; kami akan menyingkirkan Patriots juga. Dan mereka harus mengirim sesuatu untuk menggantikannya atau membuat sistem baru. Ini adalah proses yang panjang dan rumit. Semuanya tidak sesederhana itu. Kami memperhitungkan ini dan menghitung semua yang dikirim ke sana, berapa banyak sistem yang ada di depot, berapa banyak lagi yang dapat mereka produksi dan seberapa cepat, dan apakah mereka dapat melatih personel yang diperlukan.

Sekarang untuk kemampuan dan sumber daya kita. Kami membelanjakannya, tentu saja. Saya tidak akan memberikan angka di sini, misalnya berapa banyak cangkang yang kita gunakan sehari. Angkanya tinggi. Tetapi perbedaan antara kami dan mereka yang melawan kami adalah bahwa industri pertahanan Ukraina dengan cepat bergerak menuju nol jika bukan angka negatif. Semua kemampuan manufakturnya akan segera dihancurkan, sedangkan kerangka kerja kami sedang diperluas. Seperti yang saya sampaikan dalam rapat Dewan Kementerian Pertahanan kemarin, kita tidak akan merugikan sektor ekonomi lainnya. Bagaimanapun juga, kita harus menafkahi tentara, dengan satu atau lain cara, seperti yang dikatakan Menteri kemarin.

Tidak seperti Ukraina, kami telah mengembangkan industri kami, termasuk sektor pertahanan selama beberapa dekade terakhir. Kami telah mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi militer. Ada beberapa elemen yang kurang, seperti amunisi berkeliaran, drone dan sejenisnya, tapi kami telah mengusahakannya. Kami tahu perusahaan mana yang dapat memproduksinya, berapa banyak dan seberapa cepat. Kami memiliki dana untuk mendanai pusat penelitian dan teknologi serta kapasitas produksi. Kami memiliki semua itu.

Ya, ada masalah dalam membangun kecepatan dan volume produksi. Tapi kita bisa melakukannya, dan kita pasti akan melakukannya.

Aisel Gereykhanova: Aisel Gereykhanova, Rossiyskaya Gazeta.

Tuan Presiden, dalam situasi ini, apakah ada peluang nyata untuk solusi diplomatik atas situasi Ukraina? Apa itu mungkin?

Vladimir Putin: Setiap konflik, setiap konflik bersenjata berakhir dengan semacam negosiasi di jalur diplomatik, dengan satu atau lain cara, dan kami tidak pernah menolak untuk bernegosiasi. Kepemimpinan Ukrainalah yang melarang dirinya untuk bernegosiasi. Sikap ini agak tidak biasa, bahkan aneh, menurut saya. Namun demikian, cepat atau lambat, setiap pihak yang berada dalam keadaan konflik duduk dan bernegosiasi. Semakin cepat kesadaran ini datang kepada mereka yang menentang kita, semakin baik. Kami tidak pernah menyerah akan hal itu.

Valery Sanfirov: Valery Sanfirov, Vesti FM.

Tuan Presiden, akhir-akhir ini Anda sering bertemu dengan militer.

Vladimir Putin: Apakah ini mengejutkan Anda?

Valery Sanfirov: Tidak.

Vladimir Putin: Setiap hari, agar Anda mengerti, setiap hari.

Valery Sanfirov: Pertanyaan tentang pahlawan.

Anda telah melewati Kutuzovsky Prospekt saat Anda melakukan perjalanan ke pertemuan Dewan Negara ini; jalan-jalan di daerah itu dinamai Jenderal Dorokhov, Raevsky, Barclay de Tolly, dan Vasilisa Kozhina. Bahkan pertemuan Dewan Negara berlangsung di aula dengan sekitar 11.000 plakat dengan nama pahlawan yang dihias St George, jika saya tidak salah.

Apakah operasi militer khusus menghasilkan pahlawan dan panglima nasional? Apakah ada nama baru yang muncul?

Vladimir Putin: Ya, tentu saja. Sayangnya, setiap konflik bersenjata dikaitkan dengan kerugian, tragedi, cedera, dan sebagainya. Dan sebagai aturan, Anda tahu, mereka yang mati saat membela kepentingan Tanah Air mereka, Tanah Air mereka, rakyat mereka, mereka yang terluka – mereka adalah yang terkuat. Mereka berada di garis depan. Dan tentu saja, mereka adalah pahlawan. Saya telah mengatakan ini berkali-kali. Ini adalah keyakinan mendalam pribadi saya.

Coba pikirkan: Anda dan saya berdiri di sini di aula ini di Istana Kremlin; kita hangat, dengan matahari buatan bersinar di atas kita; lampunya menyala, interiornya indah – dan para prajurit ada di sana di tengah salju. Apakah kamu lihat?

Kami berbicara tentang sol dalam sepatu bot mereka dan seterusnya, tentang senjata mereka – tetapi mereka dapat diserang kapan saja. Tentu saja, mereka semua adalah pahlawan. Mereka melakukan upaya yang luar biasa, mempertaruhkan kesehatan dan nyawa mereka. Tentu saja, mereka adalah pahlawan. Beberapa dari mereka melakukan tindakan khusus, tindakan yang disebut kepahlawanan, kepahlawanan pribadi. Bukan hanya kerja keras, tapi kepahlawanan pribadi.

Kami memikirkan hal ini, tentu saja, dan kami pasti akan menemukan cara untuk menghadirkan mereka sebagai panutan bagi seluruh masyarakat kita, sebagai teladan untuk diikuti oleh generasi muda. Orang-orang ini memperkuat semangat batin bangsa. Ini sangat penting. Kami pasti memilikinya. Ada banyak dari mereka. Anda mungkin mengenal beberapa di antaranya; yang lainnya belum kami ketahui, kami belum memiliki namanya, tetapi kami akan mencantumkannya dengan pasti.

Maria Glebova: Maria Glebova, RIA Novosti.

Jika boleh, saya ingin kembali ke ekonomi.

Anda mengatakan sebelumnya bahwa ekonomi belum runtuh. Tapi sekarang kami mendengar bahwa pukulan telak akan datang tahun depan. Bisakah Anda memberi tahu kami apakah mungkin untuk menjaga ekonomi Rusia tetap bertahan?

Juga, pada setiap akhir tahun, Anda bertemu dengan para pemimpin bisnis Rusia. Tapi tidak tahun ini. Mengapa demikian? Apakah Anda melihat peran mereka dalam pertumbuhan investasi swasta sekarang?

Saya juga ingin mengangkat masalah sosial. Akankah semua komitmen sosial yang dibuat terus dipenuhi? Terima kasih.

Vladimir Putin: Mengenai ekonomi, saya sudah menyentuh topik ini, tetapi ada sesuatu untuk ditambahkan.

Pertama, prediksi keruntuhan ekonomi tidak terjadi. Benar, kami telah membukukan penurunan, dan saya akan mengulangi angkanya. Ada janji – atau prediksi atau harapan mungkin – bahwa ekonomi Rusia akan berkontraksi. Beberapa mengatakan PDB-nya akan turun 20 persen atau lebih, sebesar 20–25 persen. Benar, ada penurunan PDB, tapi tidak 20–25 persen; sebenarnya 2,5 persen. Itu adalah hal pertama.

Kedua. Inflasi, seperti yang saya katakan, akan sedikit lebih dari 12 persen tahun ini – ini juga merupakan salah satu indikator terpenting. Ini, menurut saya, jauh lebih baik daripada di banyak negara lain, termasuk negara-negara G20. Inflasi tentu saja tidak bagus, tapi lebih kecil dari negara lain itu bagus.

Tahun depan – kami juga telah menyebutkannya – kami akan mengupayakan target 4–5 persen, berdasarkan kinerja ekonomi pada kuartal pertama – setidaknya, kami berharap demikian. Dan ini adalah tren yang sangat bagus, tidak seperti di beberapa negara G20 lainnya, di mana inflasi sedang meningkat.

Pengangguran berada pada titik terendah dalam sejarah sebesar 3,8 persen. Defisit anggaran kita berjalan, ini benar, tetapi tahun ini hanya 2 persen, tahun depan juga, kemudian diproyeksikan menjadi satu persen, dan kurang dari satu persen pada tahun 2025: kami mengharapkan sekitar 0,8 persen. Saya ingin menunjukkan bahwa negara-negara lain – baik ekonomi berkembang besar maupun yang disebut ekonomi pasar maju – mengalami defisit yang jauh lebih besar. Di Amerika Serikat, menurut saya, 5,7 persen, dan di China, lebih dari 7 persen. Semua ekonomi utama mengalami defisit di atas 5 persen. Kita tidak.

Ini adalah fondasi yang baik untuk bergerak dengan percaya diri menuju tahun 2023.

Prioritas kami untuk tahun 2023 adalah pembangunan infrastruktur. Saya rasa saya tidak perlu mencantumkan semua proyek, kami memiliki banyak: proyek Domain Operasi Timur, koridor Utara-Selatan, dan proyek infrastruktur lainnya di seluruh negeri (baru-baru ini Marat Khusnullin melaporkan pembangunan jalan) dan seterusnya. Bandara, pelabuhan, banyak proyek lainnya.

Selanjutnya, kita juga perlu menangani masalah keuangan. Apa yang saya maksud? Sistem keuangan negara stabil, bank dapat diandalkan dan beroperasi tanpa gangguan, berkat Pemerintah dan karyawan bank yang bekerja sangat keras dan mengetahui pekerjaannya dengan sangat baik. Mereka adalah orang-orang berkualifikasi tinggi yang mengelola banyak hal, jika bukan segalanya. Kita harus menjaga stabilitas ekonomi makro. Kita tidak akan membiarkan pengeluaran yang tidak terkendali, tetapi seperti yang saya katakan, akan bergerak menuju pencapaian indikator ekonomi makro utama yang dapat mendukung stabilitas ekonomi secara umum.

Saya berbicara tentang infrastruktur. Aspek penting berikutnya adalah menjaga stabilitas sistem keuangan, sistem perbankan, dan anggaran. Penting untuk melakukan hal yang sangat penting, yaitu mengganti investasi yang diandalkan oleh para pelaku kegiatan ekonomi sebelumnya, termasuk beberapa institusi Barat, yayasan dan sebagainya, dengan sumber-sumber di dalam negeri. Mereka harus diganti dengan pendanaan dalam negeri. Tentu saja, kita bisa melakukannya dengan melibatkan berbagai instrumen. Saya tidak ingin masuk ke detail. Jika Anda mengajukan pertanyaan tentang ekonomi, kemungkinan besar pembaca Anda tahu apa itu. Mereka ada dan harus dikembangkan. Ini bukan masalah sederhana tetapi mungkin.

Tentu saja, kita harus menyelesaikan masalah utamanya, yaitu menaikkan upah riil. Ini sangat jelas. Mempertimbangkan inflasi dan pendapatan anggaran, kami dapat mengambil langkah ke arah ini. Kami memiliki seluruh rangkaian tindakan ekonomi yang harus kami ambil. Saya tidak ragu bahwa semuanya dapat dicapai. Hasil tahun depan akan menunjukkan bagaimana kami dapat memenuhi rencana ini dan lebih dekat untuk menyelesaikan tugas-tugas ini.

Maria Glebova: Bagaimana dengan bisnis besar?

Vladimir Putin: Bisnis besar.

Soalnya, saya selalu senang bertemu dengan rekan-rekan saya meskipun sekarang COVID kembali meningkat, bersamaan dengan flu babi. Ini adalah satu-satunya masalah. Maksud saya, saya bisa bertemu dengan mereka seperti saya bertemu dengan Anda, tetapi mereka harus berkumpul di satu tempat. Mereka dapat menimbulkan risiko tertentu satu sama lain dalam hal situasi epidemiologis. Ini adalah satu-satunya masalah. Bagaimanapun, kami menjaga kontak konstan dan akan terus mengembangkan dialog ini.

Mereka sedang melalui masa-masa sulit. Anda lihat, ada orang yang berbeda. Kami tahu itu dengan baik, negara tahu itu. Pertama-tama, mereka semua dikenai sanksi. Barat, pro-Barat atau tidak, mereka dikenai sanksi tanpa pandang bulu. Untuk apa? Untuk memaksa bisnis menghadapi pemerintah. Tetapi orang-orang yang tinggal di negara ini harus melayani kepentingan negara. Dan negara tertarik agar mereka bekerja secara efektif dan membayar pajak. Mereka tidak harus memiliki perahu yang disita di luar negeri atau kastil di Laut Mediterania atau di London.

Soalnya, intinya, jika seseorang tinggal di sini dan mengasosiasikan hidupnya, kehidupan anak dan keluarganya dengan negara ini, itu satu hal. Tetapi jika seseorang tidak mengasosiasikan hidupnya dengan negara ini dan hanya mengambil uang dari sini untuk membangun kehidupan di luar negeri, itu berarti mereka tidak menghargai negara tempat mereka tinggal dan mendapatkan uang tetapi sebaliknya menghargai hubungan baik mereka di tempat harta benda mereka. dan rekening bank. Orang-orang seperti ini menimbulkan bahaya bagi kita.

Tapi kami tidak menghakimi, selama mereka bekerja secara efektif. Kami mempertahankan dan kami akan terus mempertahankan kontak kami.

Saya ingin mencatat bahwa mungkin tidak 100 persen, tidak semua orang, tetapi sebagian besar perwakilan bisnis, termasuk bisnis besar, adalah patriot negara kita, patriot Rusia. Setiap orang memiliki keadaan masing-masing, tetapi semuanya berusaha tidak hanya untuk tinggal dan bekerja di Rusia, tetapi untuk bekerja demi kepentingan negara kita, memelihara staf, perusahaan, mengembangkan ekonomi, dll.

Nakhid Babayev: Selamat siang, Tuan Presiden. Nama saya di Nakhid Babayev, NTV.

Saya ingin berbicara lebih banyak tentang ekonomi. Apakah Rusia menderita kerugian setelah batasan harga minyak Rusia diadopsi? Apakah sektor minyak meminta bantuan negara, konsesi?

Oleh karena itu pertanyaan selanjutnya. Banyak yang dikatakan tentang langkah-langkah tanggapan, dan perintah eksekutif sedang dikembangkan. Akankah langkah-langkah yang digariskan olehnya dapat melindungi kepentingan kita?

Vladimir Putin: Anda tahu, saya pikir saya akan menandatangani perintah eksekutif Senin atau Selasa depan. Ini adalah tindakan pencegahan, karena tidak ada kerusakan yang nyata pada Rusia, ekonomi Rusia, atau sektor bahan bakar dan energi Rusia. Kami menjual minyak dengan harga yang kira-kira sama dengan topi ini.

Ya, tujuan lawan dan musuh geopolitik kami adalah untuk mengurangi pendapatan ke anggaran Rusia, tetapi kami tidak kehilangan apa pun karena batasan ini. Sektor bahan bakar dan energi Rusia, anggaran dan ekonomi tidak merugi, karena kami sudah menjual minyak dengan harga ini.

Tapi yang penting adalah mereka mencoba membawa alat baru, bukan karakteristik ekonomi pasar, ke ekonomi global. Pelanggan, pembeli sedang mencoba untuk memperkenalkan peraturan non-pasar baru untuk digunakan dalam teori dan praktik di seluruh dunia.

Bayangkan ini: Anda ingin pergi ke dealer untuk membeli mobil, katakanlah Mercedes atau Chevrolet. Anda pergi ke sana dan berkata, “Saya akan membelinya seharga lima rubel, tidak lebih.” Oke. Beli satu, dua, tiga mobil, lalu pabrik Mercedes tutup, karena produksi mobil Mercedes atau Chevrolet tidak menguntungkan lagi. Itu sama di sektor energi, sama persis.

Sektor ini sudah kekurangan investasi. Ada masalah terkait fakta bahwa uang tidak diinvestasikan dalam proyek baru seperti jaringan pipa, produksi dan pengembangan karena masalah lingkungan dan transisi ke sumber energi terbarukan. Bank tidak meminjamkan uang, dan perusahaan asuransi menolak menerbitkan polis. Perusahaan global besar telah berhenti berinvestasi dalam volume yang dibutuhkan sektor energi global.

Dan sekarang mereka mencoba menetapkan batas harga secara administratif. Ini adalah jalan menuju penghancuran sektor energi global. Saatnya mungkin tiba ketika sektor yang kurang diinvestasikan berhenti menyediakan volume produk yang diperlukan dan harga akan melonjak dan merugikan mereka yang mencoba memperkenalkan instrumen ini.

Oleh karena itu, produsen energi, produsen minyak dalam hal ini, tersinggung, merujuk pada diri mereka sendiri, bukan Rusia, tetapi diri mereka sendiri karena semua orang percaya bahwa ini adalah upaya pertama untuk mendikte aturan administratif regulasi harga kepada produsen, dan lebih banyak lagi yang akan mengikuti.

Alexei Lazurenko: Alexei Lazurenko, Izvestia.

Saya ingin menindaklanjuti topik yang sama. Keputusan serupa untuk membatasi harga gas diadopsi beberapa hari lalu. Apa yang akan kita lakukan dalam konteks ini? Seberapa besar ancaman ini bagi kita, dan bagaimana masa depan jalur pipa Nord Stream?

Vladimir Putin: Inisiatif ini mengikuti pola yang sama, sejauh yang saya tahu. Sekali lagi, kami menyaksikan upaya untuk menggunakan pengaruh administratif untuk mengatur harga. Tidak ada hal baik yang bisa dihasilkan dari ini untuk pasar gas atau minyak.

Secara keseluruhan, beberapa kali kolega dan mitra kami benar-benar mengejutkan saya dengan betapa tidak profesionalnya mereka. Ada suatu masa ketika Komisi Eropa yang memaksa kami untuk beralih ke harga pasar dan menetapkan harga gas alam di bursa komoditas. Kami, pada gilirannya, dan saya pribadi, mencoba membujuk Brussel untuk tidak melakukannya, dengan mengatakan bahwa ini bukanlah cara kerja pasar gas dan akan menimbulkan konsekuensi yang serius, yang mengakibatkan lonjakan harga. Inilah yang terjadi saat ini. Sekarang mereka tidak tahu bagaimana keluar dari situasi ini dan mencoba mengatur harga gas juga.

Namun, ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan cara mereka mencoba mengatur harga minyak. Kali ini, Komisi Eropa berfokus pada pengaturan pertukaran komoditas. Mereka mematok harga gas ke LNG, mengatakan bahwa harga gas harus berkorelasi dengan harga LNG, dll. Namun, ini adalah upaya untuk menggunakan cara administratif untuk mengatur harga.

Anda tahu, mereka tidak mendengarkan kami, mereka tidak ingin berurusan dengan kami, mereka tidak menyukai kami dan ingin melawan kami. Baik, tapi bagaimana dengan mendengarkan diri mereka sendiri? Saya mengacu pada mereka yang mencoba mengatur harga gas di Eropa. Mereka selalu mengambil isyarat dari orang Amerika, membungkuk dan mempermalukan diri mereka sendiri setiap kali mereka diperintahkan untuk melakukan sesuatu. Kali ini, tidak ada perintah, tapi mereka bisa mendengarkan apa yang dikatakan para ahli AS. Ambil Friedman, seorang ekonom terkemuka dan pemenang Hadiah Nobel. Dikatakannya, jika ingin membuat kelangkaan tomat, tutup saja harga tomat. Seketika Anda akan kekurangan tomat. Mereka melakukan hal yang sama dengan minyak dan gas – persis sama. Untuk beberapa alasan, tidak ada yang mendengarkan.

Kami telah mengawasi perkembangan ini, mengawasinya. Jika sistem yang mereka usulkan miring ke arah regulasi administratif dan bertentangan dengan kontrak Gazprom dengan mitranya, atau jika ada campur tangan dalam kontrak ini, kami berhak untuk mempertimbangkan apakah kami memiliki kewajiban untuk melaksanakan kontrak ini sementara pihak lain melanggar mereka.

Adapun Aliran Nord…. Apa yang bisa kukatakan? Ini adalah serangan teroris, yang jelas, dan semua orang telah mengenalinya. Yang lebih mengejutkan adalah bahwa itu adalah tindakan internasional, atau harus saya katakan terorisme negara. Mengapa? Karena individu tidak dapat melakukan serangan teror semacam ini sendirian. Negara-negara jelas terlibat dalam melakukannya.

Seperti yang mereka katakan dalam kasus seperti itu: cari siapa yang diuntungkan. Siapa yang akan mendapat keuntungan dari gas Rusia yang dipasok ke Eropa hanya melalui Ukraina, siapa yang akan mendapat keuntungan dari Ukraina yang menerima uang? Agresornya adalah Rusia, tetapi mereka menerima uang dari kami untuk transit, dan kami membayar mereka, meskipun mereka menyebut kami agresor, dan meskipun mereka juga agresor dalam kaitannya dengan Donbass. Kami melawan agresi, bukan sebaliknya. Mereka mengambil uang dan itu baik-baik saja. Uang adalah uang.

Siapa yang diuntungkan dari pasokan gas Rusia ke Eropa hanya melalui Ukraina? Itu siapa yang meledakkannya. Tidak ada yang menyelidiki. Kami memiliki kesempatan sekali saja untuk memeriksa lokasi ledakan. Semua ini ada di media, tidak ada yang perlu diulang, karena saya yakin Anda sudah mengetahuinya. Tapi tidak ada investigasi nyata, tidak ada yang menyelidiki. Ini mengherankan tetapi benar.

Mengenai minyak dan gas, tahukah Anda apa yang terjadi pada saya saat ini selama percakapan kita? Saya sudah membicarakan hal ini sekali, tetapi saya pikir akan sulit untuk tidak setuju dengan apa yang akan saya katakan.

Lihat, mereka mencoba memberi batasan harga pada sumber daya energi, pada minyak dan gas. Siapa yang memproduksinya? Rusia, negara-negara Arab, Amerika Latin, Asia, Indonesia, Qatar, Arab Saudi, UEA juga memproduksi minyak. Amerika Serikat menghasilkan minyak dan gas, tetapi mereka mengkonsumsi segalanya: hanya sedikit yang tersisa untuk pasar eksternal. Artinya, diproduksi di negara-negara tersebut, tetapi dikonsumsi di Eropa dan Amerika Serikat.

Saya percaya bahwa apa yang mereka coba lakukan sekarang adalah sisa-sisa kolonialisme. Mereka terbiasa merampok negara lain. Memang, sebagian besar kebangkitan ekonomi negara-negara Eropa didasarkan pada perdagangan budak dan perampokan di Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Sebagian besar, kemakmuran Amerika Serikat tumbuh dari perdagangan budak dan penggunaan tenaga kerja budak, dan kemudian, tentu saja, sebagai akibat dari Perang Dunia Pertama dan Kedua, yang terlihat jelas. Tapi mereka terbiasa merampok orang lain. Dan upaya regulasi non-pasar di bidang ekonomi adalah perampokan kolonial yang sama, atau, bagaimanapun juga, upaya perampokan kolonial.

Tetapi dunia telah berubah dan mereka tidak mungkin dapat melakukannya hari ini.

Alexander Yunashev: Tuan Presiden, selamat siang. Alexander Yunashev, Life.

Saya ingin bertanya bagaimana peristiwa beberapa bulan terakhir telah mengubah hidup dan rutinitas sehari-hari Anda? Apakah Anda menemukan waktu untuk berolahraga?

Minggu depan adalah Tahun Baru, jadi saya ingin mengucapkan selamat berlibur dan bertanya bagaimana Anda akan menghabiskannya? Terima kasih.

Vladimir Putin: Terima kasih.

Tidak ada yang luar biasa di sini. Saya akan merayakan Tahun Baru ini bersama keluarga saya, dengan orang-orang yang saya sayangi, dan saya akan menonton pidato Presiden, pidatonya.

Untuk olahraga, saya terus berolahraga. Saya yakin ini hanyalah cara untuk tetap bugar, dan saya harus tetap bugar untuk bekerja. Ini seperti pil yang membuat Anda merasa baik dan bekerja dengan baik. Saya berharap setiap orang memiliki sikap seperti ini terhadap olahraga: itu adalah hal yang baik. Mereka mengatakan bahwa itu juga membantu menjaga kesehatan mental: pikiran yang sehat dalam tubuh yang sehat.

Terima kasih kembali. Selamat berlibur! Harapan terbaik saya.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *