Jepang demonstrasikan kemampuan tank tempur utama Type 10

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bela Diri Darat Jepang (JGSDF) telah mendemonstrasikan kemampuan tank tempur utama (MBT) generasi keempat, Type 10 buatan Mitsubishi Heavy Industries.

Hal ini dilakukan dalam latihan penembakan langsung di Higashi-Fuji Firing Range, Gotemba, Prefektur Shizuoka beberapa waktu lalu.

Type 10 mulai digunakan oleh JGSDF sejak 2012. Tank ini dirancang sebagai generasi terbaru tank MBT Jepang.

Seperti Airspace Review pelajari dari pemberitaan Defence Blog, Type 10 memiliki keunggulan pada fitur C4I-nya (perintah, kontrol, komunikasi, komputer, dan intelijen). Sistem ini memungkinkan berbagi informasi di antara pasukan tank dan terhubung ke jaringan komputer luar ruang infanteri.

Dalam hal persenjataan, Type 10 dilengkapi kanon L44 120 mm smoothbore dengan pemuat otomatis berkecepatan tinggi.

Type 10
Wikipedia

Persenjataan sekunder mencakup satu senapan mesin koaksial Type 64 kaliber 7.62mm yang terletak di sisi kiri persenjataan utama dan satu senapan mesin M2 HB kaliber 12,7 mm yang dipasang di atap dan dapat diarahkan dan ditembakkan dari dalam turet.

Lambung tank dilapisi keramik komposit modular yang memberikan perlindungan terhadap serangan granat berpeluncur roket (RPG), proyektil HEAT, dan rudal anti-tank.

Untuk tenaga penggerak, Type 10 menggunakan mesin diesel berdaya 1.200 hp yang dapat menghasilkan kecepatan maksimum hingga 70 km/jam.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *