China Tawarkan Jet Tempur Versi Ekspor J-10CE (FC-20) Vanguard

J-10C

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Salah satu pabrik penghasil jet tempur utama China, Chengdu Aerospace Corp. (CAC), menawarkan jet tempur J-10 versi ekspor yang dinamai J-10CE (FC-20) di Dubai Air Show pada 17-21 November lalu.  

Meski hanya tampil dalam model skala, kehadiran J-10CE yang dijuluki Vanguard ini cukup menyita perhatian. Pasalnya selama ini jet tempur J-10 hanya digunakan untuk keperluan militer China saja.

Sementara untuk pasar ekspor CAC lebih menawarkan jet tempur JF-17 atau dikenal juga sebagai FC-1 Xiaolong (Thunder).

Seperti dilansir oleh Jane’s, J-10CE dibangun berdasarkan J-10 seri C atau varian terakhir bertempat duduk tunggal. Secara tampilan yang terlihat mencolok adalah intake yang terlihat baru (serupa dengan versi J-10B).

J-10CE
Istimewa

J-10C juga telah menggunakan mesin baru buatan lokal Wo Shan WS-10A menggantikan mesin lama mesin turunan Salyut AL-31F buatan Rusia. Selain lebih bertenaga, nozzle WS-10 telah dilengkapi TVC (thrust vectoring control) yang membuatnya semakin lincah bermanuver.

Fitur unggulan lain yang disematkan pada J-10C yakni perangkat avionik dan modul peperangan elektronik (EW) baru termasuk penggunaan radar AESA (active electronically scaning array).

J-10CE
Istimewa

Dengan segala kelebihannya J-10C dapat disetarakan dengan jet tempur Eurofighter Typhoon dari Eropa atau F-16V buatan Amerika Serikat yang masuk dalam golongan jet tempur generasi 4,5.

Dikabarkan, tiga negara telah melirik J-10CE yakni Pakistan, Iran, dan Argentina.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

One Reply to “China Tawarkan Jet Tempur Versi Ekspor J-10CE (FC-20) Vanguard”

  1. Model J-10 CE ini model air intake nya lebih elegant dan bagus tidak kaku seperti J-10 model awal. Jika performa mesin baru buatan China sendiri lebih bagus dan kuat daya dorongnya, serta radar AESA di tanamkan, memang layak bersaing dengan jet tempur generasi 4.5 lain nya. Bisa di pertimbangkan untuk masuk arsenal persenjataan tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *