China Bahagia Bisa Dapatkan Sishanud S-400 Triumf dari Rusia

ROE

ANGKASAREVIEW.COM – Militer China mengaku bahagia bisa mendapatkan sistem pertahanan udara (sishanud) S-400 Triumf (NATO: SA-21 Growler) dari Rusia. Senjata andalan untuk melumat berbagai sasaran udara jarak jauh ini diakuinya sangat mengagumkan.

Pernyataan tersebut dikutip Kantor Berita Rusia, TASS, dari sumber diplomat militer China, Kamis.

Boeing_contoh2

Seperti diketahui, China telah menuntaskan pengujian kedua atau uji terakhir penembakan S-400 pada Desember lalu di suatu wilayah tempat latihan militernya.

“Rudal 48N6E yang ditembakkan dari sishanud S-400 meluncur dan mengenai sasaran target bergerak menyerupai pesawat yang terbang dengan kecepatan 600 meter per detik,” jelas sang sumber.

Target itu, lanjutnya, dihancurkan pada jarak 250 km dari posisi S-400.

Dalam pemberitaan yang ditulis TASS terdahulu, pengujian pertama S-400 dilakukan oleh China pada awal Desember 2018. S-400 kala itu berhasil menggasak sebuah target rudal balistik berkecepatan 3 km/detik. Target tersebut juga dihancurkan pada jarak 250 km.

Atas kesuksesan uji coba penembakan S-400 yang dilaksankaan oleh Angkatan Bersenjata China, Negeri Tirai Bambu mengaku kalau sistem persenjataan ini sangat mengagumkan.

“Kami menilai bahwa sistem S-400 saat ini tidak dapat tertandingi oleh sistem persenjataan lain di kelasnya,” tambah sumber tadi.

Boeing
S-400Sputnik

China menjadi salah satu pengguna S-400 Triumf di luar Rusia dengan membeli dua set resimen sishanud ini. Pengiriman satu set resimen pertama S-400 telah diselesaikan Rusia kepada China pada Mei 2018.

Rusia menyatakan, sishanud jarak jauh S-400 mampu menghancurkan sasaran hingga jarak 400 km. Sementara ketinggian target yang dapat dijangkau mencapai 30 km.

S-400 dirancang oleh Biro Desain Almaz-Antey dan mulai digunakan oleh Angkatan Bersenjata Rusia sejak 2007.

Selain China, Arab Saudi, Turki, dan India adalah negara lain yang akan mendapatkan pengiriman S-400 dari Rusia sesuai kontraknya masing-masing.

Sementara negara lain yang disebut-sebut telah mengoperasikan S-400 adalah Aljazair dan Belarusia.

Roni Sontani

One Reply to “China Bahagia Bisa Dapatkan Sishanud S-400 Triumf dari Rusia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *