Bantu Ukraina, Belanda mengakuisisi sembilan sistem Dita 155 SPH dari Republik Ceko

Dita 155 SPHIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Kementerian Pertahanan Belanda dilaporkan akan membeli sembilan sistem artileri medan canggih Dita 155 dari Republik Ceko. Sistem SPH (self propelled howitzer) ini selanjutnya akan disumbangkan ke Ukraina untuk membantu angkatan bersenjatanya berperang melawan Rusia.

Sistem artileri mobile Dita 155 diproduksi oleh perusahaan Excalibur Army, dlengkapi dengan howitzer L45 155 mm yang dipasangkan pada truk militer Tatra 8×8.

Dari segi karakteristik teknis, Dita 155 memiliki bobot 29 ton. Memiliki dimensi cukup besar, dengan panjang 13,02 m, lebar 3,08 m, dan tinggi 3,12 m.

Kendaraan ditenagai oleh mesin diesel Tatra T3C-928-90 dengan output 300 kW. Kecepatan maksimumnya 90 km/jam di jalan raya dan 25 km/jam di medan off-road, dengan jangkauan operasi 600 km.

Mampu mengarungi kedalaman 1,2 m tanpa persiapan, kemiringan tanjakan 30 derajat, melintasi parit 47 cm, dan mengatasi rintangan vertikal hingga 2 m.

Dita 155 menggabungkan fitur-fitur canggih seperti Automatic Setting of Action Position (ASAP), manajemen amunisi, dan sistem navigasi inersia.

Pengendalian tembakan dikelola oleh Sistem Kontrol Onboard yang dilengkapi dengan komputer balistik. Cukup membutuhkan dua awak saja untuk mengoperasikannya.

Howitzernya memiliki jangkauan tembak hingga 39 km dengan menggunakan amunisi HE standar NATO.

Awalnya dapat menembakkan enam tembakan per menit dan kemudian mempertahankan laju tembakan lima tembakan per menit sambil membawa 40 butir amunisi di konveyornya. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *